Militer Ukraina Kembangkan Drone Tentara dengan Teknologi Tinggi

By Nad

nusakini.com - Internasional - Di pinggiran Kyiv, pasukan sedang dalam pelatihan untuk menjadi ujung tombak dalam upaya Ukraina untuk memodernisasi respons taktisnya di garis depan perang dengan Rusia, melalui perluasan armada drone yang signifikan.

Militer Ukraina tidak memiliki unit pesawat tak berawak resmi tetapi penggunaan kendaraan udara tak berawak (UAV) telah memungkinkan Kyiv untuk melakukan pengintaian di sepanjang garis depan 2.470 kilometer (1.535 mil), melihat pasukan dan peralatan Rusia dan mengarahkan artileri dari jarak jauh. menembak ke sasaran.

Drone menyelamatkan nyawa orang Ukraina, tetapi harganya mahal dan persediaannya terbatas.

“Saat ini, sangat penting untuk memiliki drone di setiap unit pertempuran karena ini adalah mata kita di langit,” kata Letnan Anton Galyashinskiy, seorang ahli militer Ukraina dalam analisis data visual.

Galyashinskiy dan sembilan rekannya sedang belajar mengemudikan drone dari kendaraan yang bergerak. Mereka dilatih oleh Global Drones Academy, sebuah perusahaan swasta yang dijalankan oleh Anton Veklenko, yang telah mengoperasikan mesin terbang tak berawak sejak 2015.

“Salah satu aspek terpenting dari pelatihan adalah keamanan penggunaan drone sipil di zona pertempuran,” kata Veklenko kepada AFP.

Seorang spesialis dalam fotografi drone, Veklenko berkembang menjadi pelatihan militer setelah Rusia menginvasi Ukraina pada bulan Februari, mengajar warga sipil dan militer bagaimana menjadi pilot drone jarak jauh untuk upaya perang, dan bagaimana tidak menjadi target tembakan Rusia.

“Pada awal perang, banyak prajurit kami meninggal karena mereka tidak tahu bahwa mereka sedang diawasi [saat menggunakan drone],” katanya.

"Kami telah mengembangkan metode bagaimana tidak mengungkapkan posisi Anda."

Kedua belah pihak dalam perang telah menggunakan pesawat tak berawak radio-kontrol yang lebih kecil tetapi Kyiv mengatakan tindakan balasan elektronik Rusia yang mengganggu sistem komunikasi mereka menjadi semakin efektif.

Dua minggu lalu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy meluncurkan seruan “Army of Drones” untuk uang pribadi untuk membeli armada UAV kelas militer dari negara-negara di seluruh dunia.

Pendukung Ukraina dan luar negeri telah mengumpulkan sekitar 13,5 juta euro (Rp 202 M) yang akan digunakan untuk 200 mesin kelas militer awal yang dilengkapi dengan kamera termografi canggih, GPS, dan perangkat lunak pemetaan.

“Kuncinya adalah mereka sulit dikenali, yang berarti mereka sulit untuk dirobohkan,” kata banding di situs web tersebut.

“Drone ini akan membantu terus memantau garis depan dan mengidentifikasi posisi agresor.”

Yury Shchygol, kepala keamanan siber dan dinas intelijen Ukraina, mengatakan kepada wartawan minggu ini bahwa tim pengadaan sudah memiliki kontrak dengan pabrikan Polandia dan telah membeli empat drone taktis. Mereka sedang menyelidiki kemungkinan kesepakatan di Israel, Jepang, Portugal dan Amerika Serikat, tambahnya.

Zelenskyy juga meminta “dronasi” – hadiah berupa drone konsumen yang lebih kecil – untuk disumbangkan langsung di Ukraina atau ke gudang di AS dan Polandia, untuk pengiriman selanjutnya ke garis depan.

Para penggemar dan pilot drone komersial telah mulai menyumbangkan mesin mereka, tetapi Ukraina menetapkan pandangannya jauh lebih tinggi.

“Kami telah menerima 30 drone dalam program ‘donasi drone Anda’, baik dari Ukraina maupun dari luar negeri. Tujuan kami adalah mengumpulkan 1.000 drone sipil,” kata Shchygol.

Dorongan tersebut telah mengambil urgensi baru minggu ini, dengan pejabat AS memperingatkan rencana Rusia untuk memperoleh ratusan drone tempur dari Iran.

Belajar mengoperasikan drone sipil membutuhkan waktu dua minggu, kata Shchygol, sementara pilot drone pengintai tingkat militer akan mendapatkan pelatihan selama sebulan.

Namun dia yakin upaya “Tentara Drone” akan membawa keuntungan di luar konflik dengan Rusia.

"Elon Musk mengatakan pada dirinya sendiri beberapa hari yang lalu bahwa perang di masa depan akan ditentukan oleh drone," katanya. (aljazeera/dd)