Pasukan Rusia Makin Merangsek Kuasai Kota Strategis Ukraina

By Admin


JAKARTA - Pasukan Rusia dilaporkan membuat kemajuan di kota Chasiv Yar. Moskow sendiri telah memiliki tujuan jangka panjang untuk merebut salah satu kota strategis di Ukraina tersebut.

Media Ukraina Ukrainska Pravda, mengutip sumber militer dan seorang blogger pada Minggu (9/6/2024), melaporkan bahwa pasukan Rusia telah mulai menduduki sebuah distrik di kota tersebut di sepanjang kanal.

"Selama seminggu terakhir, telah terjadi lebih dari 1.500 penembakan di pinggiran Chasiv Yar dari utara ke selatan," lapor media tersebut, mengutip para sumbernya.

Sumber tersebut mengatakan pasukan Rusia menggunakan bom udara berpemandu untuk membersihkan area di sepanjang jalan utama "dan dengan dukungan sejumlah rudal jarak jauh dan pesawat nirawak, mereka mulai bergerak maju dan membangun pasukan mereka".

Sementara Divisi Pasukan Terjun Payung ke-98 Rusia mengatakan melalui pesan Telegram bahwa pasukan Ukraina "melakukan segala yang mungkin untuk memastikan unit kami tidak bergerak melintasi kanal dan mengambil posisi di distrik 'Baru' di sisi lain".

Video yang diunggah oleh kedua belah pihak menunjukkan tentara berjalan melalui area pusat kota yang hampir hancur, di mana mereka memeriksa gedung-gedung.

Chasiv Yar berada di dataran tinggi sekitar 20 km (12 mil) di sebelah barat Bakhmut, sebuah kota yang direbut pasukan Rusia setahun yang lalu setelah berbulan-bulan pertempuran yang meratakan hampir semua bangunannya.

Kota ini dipandang oleh kedua belah pihak sebagai titik persiapan potensial bagi Rusia untuk maju ke kota-kota penting Kramatorsk dan Sloviansk.

Pasukan Rusia telah membuat kemajuan bertahap di area front timur sejak kota Avdiivka jatuh ke tangan pasukan Rusia pada Februari lalu. Mereka juga telah meluncurkan serangan lintas perbatasan ke beberapa bagian wilayah Kharkiv timur laut, meskipun Ukraina mengatakan bahwa kemajuan telah dihentikan. (*)