Menaker Ingin BLK Jadi Tempat Peningkatan Skill Angkatan Kerja

By Admin

nusakini.com--Menteri Ketenagakerjaan RI, M. Hanif Dhakiri meyatakan pentingnya meningkatkan kompetensi untuk bersaing dalam dunia kerja. Oleh sebab itu, ia ingin peningkatan skill angkatan kerja Indonesia dilakukan melalui Balai Latihan Kerja (BLK). 

Menaker mengungkapkan, perlunya fasilitasi angkatan kerja yang ingin meningkatkan skill. Keberadaan BLK diharapkannya bisa membantu secara signifikan bagi angkatan kerja yang ingin mengembangkan skill. 

Dalam wawancara dengan YOKATTA News, Selasa, (1/11) kemarin, Menaker Hanif menjelaskan, dengan peningkatan skill angkatan kerja melalui BLK dapat mendorong penyerapan tenaga kerja. 

Acara yang bertajuk "Langkah Strategis Pemerintah Menurunkan Jumlah Pengangguran" itu di pimpin langsung Menaker. Dalam paparannya, Menteri tiga anak itu menjelaskan kondisi angkatan kerja Indonesia 60 persen adalah lulusan SD-SMP. Maka angkatan kerja tersebut sulit masuk ke pendidikan vokasi karena berbagai faktor. 

"Pemerintah terus mendorong peningkatan akses dan mutu pelatihan kerja, juga pelibatan dunia industri, pemagangan dan pasar kerjanya," tutup Menaker. (p/ab)