Menag Bersama Ribuan Muslim Isi Malam Tahun Baru dengan Berdzikir

By Admin

nusakini.com-- Banyak cara untuk mengisi malam tahun baru. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama ribuan umat Islam mengiisi perjalanan waktu menuju malam pergantian tahun baru dengan berdzikir di Masjid At-Tin Nasional. 

Menag hadir di masjid At-Tin jelang ibadah salat Isya. Masuk waktu Isya, Menag bersama ribuan umat Islam melaksanakan isya berjamaah. Mereka yang hadir tampak memadati Masjid At-Tin hingga lantai tiga dan halaman masjid. 

Usai Isya berjamaah, acara dilanjutkan dengan Dzikir Nasional. Acara ini diinisiasi oleh Harian Republika dan sudah berjalan dalam 15 tahun terakhir di setiap malam pergantian tahun baru kalender Masehi. 

Selain Menag, Dzikir Nasional ini dihadiri juga oleh sejumlah tokoh nasional, seperti: Hidayat Nur Wahid, dan Anies Baswedan.

Dzikir Nasional juga diisi dengan sambutan, termasuk dari Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Dalam sambutannya, Menag kembali menegaskan tentang pentingnya sikap bijak dalam bermedia sosial agar tidak terjebak pada penyebaran isu yang tidak jelas serta memecah belah. Menag berharap masyarakat mentradisikan tabayyun atau klarifikasi setiap menerima informasi. 

Selain itu, Menag mengajak umat Islam untuk menjadikan malam pergantian tahun sebagai momentum untuk mengevaluasi diri. Dari situ diharapkan akan muncul kesadaran baru untuk terus melakukan perbaikan di masa mendatang. 

"Kita sering lupa tugas manusia adalah menyampaikan kebajikan. Melalui dzikir inilah kita dapat mengingat kembali tujuan kita hadir di muka bumi," kata Menag, Sabtu (31/12). 

"Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Dan hari esok harus lebih baik dari hari ini," tambahnya. 

Sementara selaku penceramah Dzikir Nasional, Ketua Umum MUI yang juga Rois Am PBNU KH Maruf Amin mengangkat tema terkait hidayah. (p/ab)