Jelang Tahun Baru, Pemerintah Harus Berkordinasi untuk Deteksi Dini

By Admin

nusakini.com-- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta pemerintah mulai dari tingkat pusat sampai ke daerah tetap terus melakukan kordinasi dengan jajaran aparat keamanan beserta sejumlah tokoh masyarakat, adat dan tokoh agama untuk deteksi dini jelang tahun baru. 

“Koordinasi kepala daerah terpadu dengan kepolisian, TNI, BIN, kejaksaan serta berkomunikasi tokoh masyarakat, tokoh agama serta tokoh adat. Kalau rutin mulai tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa/kelurahan, maka ciptakan suasana aman tenang,” kata dia, kemarin. 

Ia juga meminta masyarakat bersatu padu menjadi mata telinga aparat keamanan khususnya kepolisian untuk menjaga ketertiban. Seperti halnya perayaan ibadah Natal kemarin, kata dia berjalan aman dan damai karena deteksi dini aparat keamanan dan komintmen kepala daerah. 

“Deteksi dini oleh aparat keamanan senantiasa dilakukan. Ditambahkan, komitmen kepala daerah seluruh Indonesia juga sangat tinggi dalam menciptakan stabilitas daerah,” tambah dia. 

Sebelumnya, Tjahjo mengatakan, antisipasi dini juga dinilai dapat menjaga stabilitas politik di daerah. Makanya, jajaran forkopimda baik di provinsi, dan kabupaten/kota harus selalu melibatkan tokoh masyarakat sekitar. Dengan berdialog bersama mereka, kata dia berbagai kondisi bisa diantisipasi.(p/ab)