nusakini.com - Internasional - Medali emas pertama di Olimpiade Tokyo 2020 berhasil dimenangkan oleh atlet wanita dari Cina, Yang Qian dalam cabang olahraga menembak.

Ia harus mengalungkan sendiri medalinya karena aturan baru Olimpiade untuk mencegah penyebaran virus corona. Ia juga menyanyikan lagu nasionalnya dengan menggunakan masker, walaupun demikian, Yang Qian tetap tampak senang dengan kemenangannya meraih medali emas di Olimpiade.

Di pagi hari setelah upacara pembukaan Olimpiade yang sempat ditunda satu tahun dan tidak ada penonton, Yang memenangkan kompetisi senapan 10 meter tanpa sorakan dari penggemar.

Ia diberikan medalinya menggunakan nampan oleh presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach sesuai dengan protokol kesehatan untuk COVID-19 yang berlaku untuk semua cabang pertandingan.

Lagu rock diputarkan di lokasi dan hanya beberapa staf pendukung Cina berada disana untuk memberikan ucapan selamat atas kemenangannya. Yang berhasil menang dan mencatat rekor melawan atlet Rusia Anastasiia Galashina di babak terakhir.

Yang Qian yang berusia 21 tahun mengatakan ia sangat bangga dan senang karena menang medali emas.