Liga Champions: Comeback Di Babak Kedua, Liverpool Hentikan Villareal

By Abdi Satria


nusakini.com-Villareal-Liverpool menjadi tim pertama yang lolos ke final dengan keunggulan agregat agregat 5-2 atas Villarreal. The Reds menunggu Real Madrid atau Manchester City di final.
Di laga ini, Villarreal berhasil unggul 1-0 atas Liverpool saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Umpan terukur dari Etienne Capoue dengan mudah disontek Boulaye Dia untuk membobol gawang Alisson.
Liverpool sulit keluar dari tekanan Villarreal setelah gawang mereka kebobolan. Alhasil, Van Dijk dan kawan-kawan dibuat sibuk dalam menghalau serangan tuan rumah.
Villarreal bahkan bisa memperbesar skor menjadi 2-0 pada menit ke-41. Umpan silang Capoue mampu disundul Francis Coquelin yang berada di tiang jauh dan menggetarkan gawang Alisson untuk kali kedua.
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp melakukan pergantian pemain di awal babak kedua untuk mengubah situasi pertandingan. Luis Diaz masuk menggantikan Diogo Jota.
Pergantian ini berjalan positif. Liverpool bisa mendominasi permainan melawan Villarreal yang begitu agresif di babak pertama.
Liverpool mendapatkan peluang untuk memperkecil skor pada menit ke-55. Tembakan Trent Alexander-Arnold dari luar kotak penalti mengenai Coquelin dan bola yang meluncur deras menerpa mistar gawang Villarreal.
Liverpool akhirnya bisa memperkecil kedudukan menjadi 1-2 pada menit ke-62. Tembakan keras Fabinho dari dalam kotak penalti tidak mampu dibendung Geronimo Rulli untuk menggetarkan gawang Villarreal.
Empat menit berselang Liverpool nyaris menyamakan kedudukan. Pemain pengganti Luis Diaz bisa mengarahkan tendangan ke arah gawang tetapi masih bisa dihalau pemain Villarreal.
Satu menit berselang Diaz berhasil menempatkan namanya di papan skor. Umpan silang dari Arnold disambut sundulan Diaz yang membobol gawang Rulli dan mengubah skor menjadi 2-2.
Liverpool berbalik unggul menjadi 3-2 atas Villarreal pada menit ke-75. Serangan balik yang dibangun tim tamu mampu dikonversi menjadi gol oleh Sadio Mane.
Bintang asal Senegal itu bisa memenangi duel melawan Rulli dan mengecoh Juan Foyth sebelum menceploskan bola ke gawang kosong.
Villarreal harus bermain dengan 10 orang hanya lima menit jelang waktu normal babak kedua usai. Capoue menerima kartu kuning kedua setelah melanggar Curtis Jones.
Bermain dengan 10 orang membuat Villarreal tidak mampu berbuat banyak. Pertandingan berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan Liverpool. (CNN)