nusakini.com--Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) akan kembali membangun sarana dan prasarana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Tahun ini, anggaran lebih dari Rp1 triliun sudah dialokasikan melalui skema SBSN untuk 32 PTKIN. 

"Pendanaan SBSN yang bapak ibu terima adalah bagian ikhtiar serius agar pembangunan fisik PTKIN tidak kalah dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia menuju wordl class university," kata Direktur Diktis Nizar Ali saat memberikan sambutan pada Koordinasi dan Evaluasi Program SBSN PTKI, Rabu (05/04) di Tangerang Selatan. 

Dalam kesempatan itu, Nizar Ali mengapresiasi UIN, IAIN dan STAIN penerima SBSN sebelumnya yang telah mengelolanya dengan baik. Kementerian Agama bahkan oleh BAPPENAS dianggap sukses dalam menyelenggarakan proyek ini untuk kemanfaatan PTKIN. 

Kepada PTKIN yang menerima SBSN tahun ini, Nizar Ali yang juga Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta berharap agar dapat juga mengelolanya dengan amanah, hati-hati, dan diperhitungkan dengan cermat. "Jangan sampai bapak ibu telah bersusah payah mengelola SBSN namun karena kurang rapi dalam pengelolaan berakibat fatal," pesannya. 

"Jadikan forum ini sebagai sharing gagasan dan pengalaman bagaimana sukses mengelola pembangunan ruang kelas baru, laboratorium pembelajaran, gedung perpustakaan, gedung administrasi dan lain-lain," tambahnya. Terkait teknis pengadaan barang dan jasanya, Nizar Ali mewanti-wanti agar itu dilakukan dengan benar. 

Koordinasi dan Evaluasi Program SBSN PTKI berlangsung dari 5 -7 April 2017. Kegiatan ini diikuti oleh PPK dan Pengelola PTKIN penerima dana SBSN.

Syafriansyah Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan mengatakan tujuan Koordinasi dan Evaluasi Program SBSN PTKI adalah meningkatkan kapasitas pengelola SBSN, sarana efektif curah gagasan tentang masalah-masalah pembangunan atas biaya SBSN.

Selain itu, kata Syafriansyah, untuk mendengarkan prores raport (laporan kemajuan) pelaksanaan pembangunan SBSN di masing-masing PTKIN penerima. (p/ab)

Berikut ini 32 PTKIN penerima SBSN Tahun 2017:

1. STAIN jayapura

2. UIN Suska Riau 

3. IAIN Manado

4. IAIN Ponorogo

5. IAIN Metro

6. UIN Makassar

7. IAIN Ambon

8. IAIN Palangkaraya

9. IAIN Pekalongan 

10 IAIN Batusangkar

11. IAIN Bengkulu

12. STAIN Kudus

13.STAIN Kediri

14. IAIN Purwokerto

15. STAIN Pamekasan

16. STAIN Sorong

17. IAIN Palu 

18. IAIN Jambi

19. UIN Ar-Raniry Aceh

20. IAIN Antasari

21. UIN Bandung

22. IAIN Surakarta

23. UIN Jakarta

24. IAIN Ternate

25. StAIN Watampone 

26. STAIN Parepare

27. STAIN Curup

28. STAIN Babel

29. IAIN Cirebon

30. IAIN Jember

31. IAIN Malikussaleh

32. STAIN Takengon