KONI Sulsel Tekankan Pembinaan Prestasi Olah Raga

By Abdi Satria


nusakini.com-Bulukumba-Wakil Ketua Satu KONI Provinsi Sulawesi Selatan, Ambas Syam, mengungkapkan pentingnya pembinaan olah raga berprestasi dalam memacu peningkatan pembinaan olah raga menuju puncak prestasi olah raga itu sendiri dalam empat tahun kedepan.

Ditengah-tengah sambutannya dihadapan perwakilan cabor dan pengurus Koni Kab.Bulukumba dalam musyawrah olah raga (musrokab) tahun 2020 diaula pertemuan Bappeda Bumi Panrita Lopi. 

Menurut Ambas, peningkatan prestasi ini tak sekali kita kampanyekan keseluruh insan olah raga dan stake holder di Sulsel agar memberi ruang dan dukungan dalam pembinaan atlet olah raga yang tak mudah diraih.

"Butuh kerjasama dan sinergi yang tinggi, karena tak mudah membentuk atlet yang memiliki kemampuan bersaing tinggi dalam.meraih prestasi" ucap Ambas. 

Menurutnya ada beberapa komponen yang harus diingat dalam pembinaan olah raga agar sesuai target yang diinginkan.

Ambas mengurai, pembinaan prestasi olah raga terhadap atlet dimulai sejak usia dini. Melakukan kerja sama dan konsolidasi dengan insan olahraga dan seluruh elemen yang bisa mendukung terciptanya organisasi olah raga yang solid, pembagian kerja yang efektif dan efisien serta penilaian kinerja sebagai bahan evaluasi dalam mengambil langkah yang tepat.

Dalam musyawarah olah raga ini, ditetapkan DR Ir Andi Makkasau MM sebagai Ketua Koni Kabupaten Bulukumba untuk periode tahun 2020-2024 yang ditetapkan secara aklamasi oleh perwakilan cabor se Kab.Bulukumba.

Ketua Koni terpilih ini berkomitmen akan membawa prestasi olah raga daerah Bulukumba kepapan tengah saat Pekan Olah Raga Propinsi (porprov) ke 17 digelar tahun 2022 mendatang.

"Kabupaten Bulukumba sebagai salah satu penyelenggra proprov bersama Kabupaten Sinjai nanti, tak ingin berulang pencapaian prestasi pada pekan olah daerah sebelumnya," kata Andi Makkasau.  

Pada Porda ke 16 tahun 2018 diKabupaten Pinrang lalu, Kabupaten Bulukumba menempati posisi 16. Andi Makkasau berharap ada sinergi total antara pengurus Koni, insan olah raga, cabor, masyarakat dan pemerintah dalam membina dan mengembangkan olah raga daerah agar tercapai tujuan Bulukumba sebagai daerah dengan preatasi olah raga terbaik dimasa datang. (rls/ab)