Jakarta Smart City Basis Inovasi Perencanaan Pembangunan

By Admin


nusakini.com - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, (Diskominfotik) DKI Jakarta, Dian Ekowati menuturkan, Jakarta Smart City merupakan suatu inovasi yang disuguhkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada warga untuk menunjang proses perencanaan pembangunan.


"Jakarta Smart City semacam inovasi. Inovasi yang dibuat oleh pemerintah daerah dalam rangka mendukung proses perencanaan," ujar Dian di Balai Kota DKI Jakarta.


Dian menjelaskan, Jakarta Smart City merupakan suatu jembatan antara program Pemerintah DKI Jakarta yang perlu diketahui dan diterima masyarakat.


"Bagaimana mengumpulkan informasi, mengumpulkan data, dari masyarakat ke pemerintah yang akan digunakan untuk penyusunan perencanaan. Ini semacam inovasi," ucapnya.


Sementara itu, tim juri independen tahap II penghargaan Anugerah Pangaripta Nasional (APN) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Benecditus Raksaka Mahi mengaku, data-data yang telah diterapkan di Jakarta Smart City sangat bagus.


"Menurut saya, data-data yang diterapkan sudah sangat bagus. Tinggal optimalisasi dari pemanfaatan ini. Nah itu yang mungkin nanti kita akan lihat lebih lanjut," katanya.(pr/kj/al)