Inovasi SMAN 20 Makassar, Mengubah 'Ballo' Menjadi Parfum dan Minuman Segar Anti Bodi

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-SMAN 20 Makassar menyambut baik program pemerintah dan Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan bertajuk 'One Scholl, One Product and One Innovation' dengan menggelar seminar dengan topik 'Minuman Tradional Ballo Diubah Menjadi Parfum dan Minuman Segar Anti Bodi' di sekolah yang berlokasi di kawasan Barombong ini pada Selasa (13/10).

Seminar ini diikuti oleh guru kimia, guru sosial, mahasiswa KKN PPL Universitas Negeri Makassar (UNM) dan pengurus OSIS SMAN 20 Makassar. Menurut Mirdan Midding, kepala sekolah SMAN 20 Makassar, seminar ditujukan agar budaya buruk mabuk dengan meminum Ballo dapat dihentikan dengan mengubahnya menjadi parfum dan minuman segar anti bodi.

"SMAN 20 Makassar yang berlokasi di Barombong, tempat dimana ballo diproduksi. Kami tak ingin anak didik jadi terbiasa mengomsumsi minuman ini karena berpotensi menimbulkan permasalahan di sekolah," ujar Mirdan.

Sebaliknya dengan menghentikan pengaruh negatif dari minuman tradisional ini, ada sisi positif yang bisa didapatkan. Diantaranya. dengan mengubahnya menjadi parfum dan minuman segar anti bodi, roda ekonomi rakyat tetap berputar sekaligus menekan dampak kriminalitas yang ditimbulkan akibat pengaruh minuman keras.

"Kami ingin SMAN 20 Makassar bukan hanya sekolah ramah anak dan tempat belajar tapi juga membantu mengairahkan perekonomian masyarakat sekitar," ujar Mirdan kepada nusakini.com. (ab)