SMAN 20 Makassar Meluluskan Anak Didik Secara Signifikan dan Menembus PTN Favorit

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-SMAN 20 Makassar merilis daftar anak didik yang lulus pada tahun ajaran 2021/2022, Kamis (5/5). Kepada nusakini.com, Mirdan Midding, kepala sekolah yang berlokasi di kawasan Barombong itu, menjelaskan, dirinya bersyukur, jumlah kelulusan meningkat secara sigfinikan.

"Alhamdulillah, tahun ini ada 11 siswa/siswi yang berhasil menembus perguruan tinggi negeri (PTN) favorit lewat jalur prestasi akademik (SNMPTN)," ujar Mirdan yang juga menjadi fasilitator nasional sekolah ramah Indonesia dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Menurut Mirdan, sukses ini tak lepas dari kerja keras dan kerjasama berbagai pihak. Mulai dari peserta didik, pengajar, komite sekolah, masyarakat dan pemerintah setempat. "Semoga tahun depan, prestasi SMAN 20 Makassar lebih meningkat lagi dengan adanya program smart school atau kelas unggulan," terang Mirdan.

Seperti diketahui, program ini mewajibkan peserta didik menguasai empat basis utama yakni baca lancar Al-Quran, bahasa Inggris, Teknologi Informasi dan pengetahuan seni budaya setempat atau kearifan lokal. Diharapkan, setelah lulus nanti, kelebihan ini bisa berguna untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau langsung terjun ke dunia kerja.


Prestasi Non Akademik

Mirdan menambahkan, selain bidang akademik, anak didik SMAN 20 Makassar juga menorehkan prestasi non akademik. Diantaranya menjadi Duta Narkoba Sulsel, Duta Baca Makassar serta berjaya di ajang Belia Indonesia dari level provinsi sampai nasional.

"Ini membuktikan SMAN 20 Makassar yang berada di daerah pinggiran mampu bersaing dengan sekolah favorit," tegas Mirdan. (ab)