Di Tengah Pandemi, Kawasan 10 Bali Baru Tetap Dibangun

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) tetap melanjutkan pembangunan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) unggulan prioritas lain disamping menyelesaikan pekerjaan infrastruktur 5 KSPN Super Prioritas dengan meningkatkan konektivitas menuju 5 KSPN tersebut. 

Adapun 5 KSPN tersebut yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado sedangkan KSPN lain yang terus dilanjutkan pembangunannya adalah Morotai di Maluku Utara, Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur.  

Pada tahun 2020, Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga mengalokasikan anggaran Rp402,56 miliar untuk berbagai kegiatan peningkatan jaringan jalan dan jembatan diantaranya rekonstruksi jalan, pelebaran, rehabilitasi, penataan trotoar dan drainase, pembangunan jalan baru, dan perbaikan jembatan. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan ketersediaan infrastruktur jalan akan meningkatkan pengembangan destinasi wisata setempat dan memudahkan wisatawan mencapai lokasi wisata. 

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Menteri Basuki. 

Lima KSPN unggulan tersebut merupakan bagian dari 10 “Bali Baru” yang dikembangkan Pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. KSPN tersebut diharapkan akan meningkatkan produktivitas sektor pariwisata agar menjadi sektor andalan untuk mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal.(p/ab)