Di PON XX Papua 2021, Tim Sepak Bola Sulsel Target Menyamai Prestasi 2016 Silam

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-Tim sepak bola Sulawesi Selatan (Sulsel) mematok target menyamai prestasi tahun 2016 pada PON XX 2021 Papua mendatang. Dimana pada PON 2016, 

Sulsel berhasil menembus final sebelum kalah dari tuan rumah Jawa Barat via adu penalti. Hal itu diungkapkan Maulib Ibrahim, pelatih tim Sulsel kepada awak media 

Makassar di Lapangan Karebosi, Selasa (8/12).

Menurut Maulid yang juga menjadi asisten pelatih pada PON lalu, peta kekuatan tim usia muda pada di Papua nanti terbilang merata. Papua sebagai tuan rumah sedikit 

diuntungkan karena tampil di hadapan pendukung sendiri. "Jadi, prestasi yang diraih nanti saat bergantung pada kesiapan tim masing-masing," terang Maulid.

Saat ini, tim Sulsel rutin berlatih di tiga lokasi yakni Lapangan Karebosi, Stadion Barombong dan Lapangan UVRI Antang. Mereka berlatih lima hari dalam sepekan. 

"Secara berkala kami juga melakukan ujicona dengan tim lokal untuk mengukur perkembangan pemain selama latihan," papar Maulid.

Dari segi fisik, Maulid menjelaskan pihaknya menggelar tes rutin setiap bulan. Berdasarkan hasil tes, program latihan dirancang untuk pengembangan kemampuan tim. 

"Saya selalu menekankan ke pemain agar disiplin dalam berlatih serta membangun kerjasama tim," tegas Maulid. Ia juga mengungkap sejumlah kendala yang dihadapi timnya. Diantaranya tempat latihan yang belum tetap serta perlengkapannya. 

Pada kesempatan sama, anggota tim monitoring dan evaluasi (monev) program Peningkatan Prestasi olahraga Daerah (PPOD), Sahrullah mengapreasi semangat pemain tim sepak bola menjalani latihan meski harus dilakukan di tiga lokasi yang berbeda. "Saya berharap pengurus inti Asprov PSSI Sulsel datang melihat anak-anak berlatih agar mereka semakin termotivasi," pungkas Sahrullah.(ab)