David De Gea Sabet Penghargaan Sarung Tangan Emas Liga Primer

By Admin


nusakini.com - Meski diakui sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di Liga Primer Inggris selama bertahun-tahun, David Dea Gea belum pernah menyabet penghargaan Sarung Tangan Emas, yang diberikan kepada kiper dengan clean sheet terbanyak dalam satu kampanye.

Namun, pemain No.1 Manchester United itu membuat clean sheet ke-18 musim ini saat bermain imbang tanpa gol melawan West Ham United, Jumat (11/5) dini hari WIB, dan memastikannya finis di daftar teratas kategori tersebut untuk musim 2017/18 ini.

Kiper Manchester City Ederson, yang saat ini menempati posisi kedua, mengantungi 16 clean sheet setelah kebobolan satu gol dalam kemenangan 3-1 atas Brighton dan dengan sisa satu pertandingan, pemain asal Brasil ini tidak dapat mengejar pencapaian De Gea.

Penghargaan yang pertama kali diberitakan pada 2004/05 ini telah memiliki enam pemenang berbeda. Joe Hart, saatmembela Manchester City, dan Petr Cech, bersama Chelsea dan Arsenal, mengoleksi gelar terbanyak dengan masing-masing empat Golden Gloves. Mantan penjaga gawang Liverpol, Pepe Reina, juga menyabet penghargaan ini tiga kali.

Thibaut Courtois, Wojciech Szczesny, dan Edwin Van Der Sar masing-masing pernah membawa pulang satu Sarung Tangan Emas.

De Gea menjadi pemain Manchester United pertama yang memenangkannya sejak Edwin van der Sar pada 2008/09, dan kiper Spanyol pertama sejak Reina pada 2007/08.

Catatan 18 clean sheet milik De Gea ini adalah tertinggi sejak Joe Hart, yang juga mengukir jumlah clean sheet yang sama lima musim lalu. (fft/om)