Cetak Atlet Berprestasi, KONI Makassar Jalin Kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Bank BTN

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar-KONI Makassar mulai mengenjot pelaksanaan program mencetak atlet berprestasi lewat pembinaan berjenjang dan berkesinambungan. Terbaru, lembaga olahraga yang dipimpin Ahmad Susanto menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Makassar dan Bank BTN Kanwil. Penandatangan kesepakatan ini berlangsung di Balai Kemanunggalan Jenderal M. Jusuf, Jumat (1/7/2022).

Selain agenda diatas, Ahmad Susanto selaku Ketua Umum KONI Makassar melantik Koordinator Olahraga Kecamatan (Korcam) Kota Makassar periode 2022-2006. "Kehadiran Korcam pada 15 kecamatan ini diharapkan dapat mengakselerasi pembinaan olahraga di wilayah masing-masing," ujar Ahmad Susanto kepada awak media Makassar usai acara.

Nantinya, Korcam akan berkerjasama secara intensif dengan pihak sekolah untuk membantu memberikan pengetahuan terkait pembinaan atlet usia muda. Harapannya, lanjut Ahmad Susanto, pembinaan olahraga tak hanya dilakukan oleh cabang olahraga tapi juga pihak sekolah yang sejalan dengan program One Student, One Sport. "KONI Makassar ingin memasifkan pembinaan dan kegiatan olahraga dari tingkat lorong sampai kota," tegas Ahmad Susanto.

Kadis Pendidikan Kota Makassar, H. Muhyiddin menambahkan, berbagai program yang diusung KONI Makassar sejalan dengan visi dan misi Walikota Danny Pomanto yang ingin menjadikan ibukota Sulawesi Selatan sebagai kota olahraga. "Dinas Pendidikan Makassar akan membantu dan memfasilitasi siswa yang berprestasi di bidang olahraga," timpal H. Muhyiddin.

Termasuk dalam rangkaian acara adalah peluncuran aplikasi Mantap dan Samaki. "Aplikasi Mantap adalah semacam bigdata atlet Makassar. Sedang SamakiĀ  semacam alat untuk memonitor perkembangan atlet dan prestasinya," terang Ahmad Susanto.


Dukungan Perbankan

Dilain pihak, Ahmad Susanto mengapresiasi komitmen Bank BTN Kanwil V membantu dan mendorong pembinaan olahraga usia muda di Makassar. Satu diantaranya adalah pemberian satu unit kendaraan operasional buat KONI Makassar. "Kami juga bekerjasama dengan pihak swasta untuk membangun sejumlah sarana dan fasilitas di kantor KONI Makassar seperti ruang gym dan fisioterapi buat atlet yang cedera," papar Ahmad Susanto.

Pada kesempatan sama, Harman Soesanto selaku Kepala Kanwil V Bank BTN mengungkapkan kerjasama dengan KONI Makassar ini merupakan kali pertama di wilayahnya yang meliputi Sulawesi, Kalimantan dan Papua. "Semoga kerjasama ini jadi menginspirasi daerah lain untuk melakukan hal yang sama," terang Harman Soesanto.

Turut hadir pada kegiatan ini, Asisten III Pemkot Makassar, Muhammad Mario Said mewakili Walikota Makassar, Angggota Komisi D DPRD Makassar, kepala sekolah dan guru, serta pemerhati olahraga Makassar. (ab)