Atlet Serbia Positif COVID-19 di Jepang

By Nad

nusakini.com - Internasional - Kementerian Kesehatan Jepang pada hari Minggu (4/7), mengabarkan seorang atlet asal Serbia yang akan bertanding di Olimpiade Tokyo 2020, dinyatakan positif COVID-19 setelah tiba di Jepang. Olimpiade Tokyo akan segera dilaksanakan kurang dari tiga minggu lagi.

Atlet ini disebut sebagai anggota tim mendayung dan berusia 30-an tahun. Ia mendapatkan hasil tes positif melalui tes antigen yang dilakukan saat tiba di bandara Haneda pada hari Minggu. Pihak yang bertanggung jawab menyatakan atlet tersebut sudah diisolasi.

Empat orang lain yang tiba dengan atlet ini sudah dipindahkan ke fasilitas dekat bandara. Mereka sebelumnya dijadwalkan untuk pergi ke kota Nanto di prefektur Toyama untuk menjalani latihan.

Pemerintah kota Nanto mengumumkan bahwa latihan tersebut kemungkinan besar akan dibatalkan dan tidak ada staf pemerintahannya yang menjemput tim tersebut di bandara sehingga mereka sama sekali tidak melakukan kontak.

Serbia adalah negara kedua dimana anggota tim Olimpiadenya dinyatakan positif setelah tim Olimpiade Uganda dinyatakan positif pada akhir bulan lalu.

Masyarakat Jepang sebelumnya telah memprotes keputusan untuk tetap menyelenggarakan Olimpiade.