nusakini.com--Indonesia menjadi host country untuk gelaran The 16th Asia and the Pacific Regional Meeting (APRM). Pertemuan antara negara-negara anggota International Labour Organization (ILO) ini akan membahas strategi untuk menciptakan lapangan kerja dan mempromosikan kesetaraan serta pekerjaan yang layak. 

APRM ke-16 akan dilangsungkan di Bali pada tanggal 6 hingga 9 Desember 2016. Penunjukan dan persetujuan Indonesia sebagai tuan rumah telah ditentukan melalui penanda tanganan Host Country Agreement (HCA) The 16th Asia and the Pacific Regional Meeting antara Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) Abdul Wahab Bangkona dan Director ILO for Asia and the Pacific Tomoko Nishimoto di Gedung Kemnaker pada 24 Agustus 2016. 

Indonesia ditunjuk sebagai host country pelaksanaan APRM ke-16 tersebut dengan pertimbangan:

-Tingkat stabilitas politik dan keamanan yang cukup baik 

-Indonesia merupakan salah satu anggota Governing Body (GB) ILO dan kerjasama Indonesia dalam forum ILO selama ini terjalin dengan baik

-Indonesia sebagai salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang positif serta masuk dalam negara anggota G20

APRM merupakan forum yang dilangsungkan 5 tahun sekali sebagai ajang komunikasi dalam tata kelola ketenagakerjaan. APRM mempertemukan para Menteri Tenaga Kerja dan perwakilan unsur tripartit dari Negara-negara anggota ILO di Kawasan Asia Pasifik dan Negara-negara Arab. (p/ab)