Academy: Will Smith Tolak untuk Tinggalkan Oscars

By Nad

nusakini.com - Internasional - Will Smith diminta untuk meninggalkan upacara Oscar setelah memukul Chris Rock tetapi menolak, kata Academy.

Badan tersebut juga mengatakan telah memulai "proses disipliner" terhadap Smith.

Smith menampar Rock setelah komika tersebut membuat lelucon tentang mencukur kepala istrinya Jada Pinkett Smith, akibat dari kondisi rambut rontok alopecia.

Aktor tersebut - yang memenangkan Oscar pertama dalam karirnya pada upacara itu - telah meminta maaf.

Dalam pernyataannya, Academy mengatakan: "Tuan Smith diminta untuk meninggalkan upacara dan menolak, [tetapi] kami juga menyadari bahwa kami dapat menangani situasi secara berbeda."

Mereka juga mengumumkan telah "memulai proses disipliner terhadap Smith karena pelanggaran Standar Perilaku Academy".

Ini termasuk kontak fisik yang tidak pantas, perilaku kasar atau mengancam, dan mengorbankan integritas Academy, katanya.

Academy mengatakan tindakan dapat diambil pada pertemuan dewan berikutnya pada 18 April. Itu mungkin termasuk "penangguhan, pengusiran, atau sanksi lainnya," kata pernyataan itu.

Badan tersebut juga meminta maaf secara langsung kepada Rock, serta nominasi, tamu, dan pemirsa.

Sementara itu, Rock mengatakan dia "masih memproses" insiden itu dalam komentar publik pertamanya sejak upacara tersebut.

"Bagaimana akhir pekanmu?" dia bercanda bertanya kepada orang banyak di stand-up show di Boston, sebelum mengatakan dia tidak berencana untuk membahas insiden itu panjang lebar.

"Saya masih memproses apa yang terjadi, jadi pada titik tertentu saya akan membicarakannya," kata Rock kepada penonton. "Ini akan serius. Ini akan lucu, tapi sekarang aku akan menceritakan beberapa lelucon."

Insiden pada Minggu (27/3) malam terjadi tepat sebelum Smith memenangkan Oscar untuk Aktor Terbaik, ketika komedian Rock berada di atas panggung untuk mempersembahkan penghargaan untuk Film Dokumenter Terbaik.

Rock menyindir tentang kepala gundul Pinkett Smith. Lelucon tersebut merujuk pada film GI Jane tahun 1997, di mana Demi Moore memainkan peran utama dengan gaya yang sangat menarik.

Pinkett Smith memutar matanya pada komentar Rock, sementara Smith awalnya tampak tertawa dan bertepuk tangan sebelum dia terlihat di atas panggung, berjalan ke Rock.

Komedian itu tampak tercengang segera setelah insiden itu, tetapi mengatakan kepada penonton: "Itu adalah malam terbesar dalam sejarah televisi."

Dalam permintaan maafnya, Smith mengatakan perilakunya "tidak dapat diterima dan tidak dapat dimaafkan".

"Saya ingin secara terbuka meminta maaf kepada Anda, Chris," katanya dalam sebuah pernyataan. "Saya melewati batas, dan saya salah." (bbc/dd)