5 Orang Tewas setelah Gedung 20 Lantai Roboh di Nigeria

By Nad

nusakini.com - Internasional - Paling tidak lima orang tewas setelah sebuah gedung 20 lantai roboh di daerah pusat ekonomi Nigeria, Lagos, pada hari Senin (1/11) menutut pihak yang bertanggung jawab.

Gedung tersebut, yang berlokasi di Gerald Road di daerah Ikoyi yang makmur di Lagos, merupakan situs konstruksi untuk apartemen mewah. Masih belum jelas berapa orang yang berada di dalam saat gedung runtuh, namun diduga beberapa orang terjebak di bawah reruntuhan.

Upaya pencarian dan penyelamatan oleh berbagai badan terus berlanjut dari malam hingga Selasa (2/11) pagi. Badan Manajemen Darurat Lagos (LASEMA) mengkonfirmasi lima korban jiwa dalam unggahan Facebook mereka pada hari Selasa, namun mereka tidak memberitahu berapa jumlah orang yang hilang.

"Saya mengira ada gempa bumi ketika saya berlari keluar dari apartemen pada pukul 3 sore. Saya merasakan gedung ini bergerak dan sadar ada sesuatu yang salah," ucap Olu Apa, warga apartemen tersebut.

Apata mengatakan gedung itu sedang dalam konstruksi selama dua tahun yang lalu, dan developernya sedang berada di sana untuk bertemu dengan pembeli prospektif pada hari Senin.

Tiga orang berhasil diselamatkan dari reruntuhan bangunan, menurut pernyataan pemerintah negara bagian Lagos, dan mereka mengatakan unit penyelamatan, pemadam kebakaran, dan ambulans sudah ada di lokasi kejadian.

Penyelidikan mengenai alasan robohnya gedung masih berlanjut, dan pihak yang bertanggung jawab sedang mengevaluasi kerusakan di struktur sekitar.