Nigeria Tingkatkan Perlawanan terhadap Bandit

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seruan untuk penjahat - atau bandit, seperti yang dikatakan penduduk setempat - untuk dicap teroris telah lama dan keras diminta sejak kawanan penjahat tersebut meningkatkan aksi mereka dari mencuri ternak hingga menjatuhkan jet militer.

Pemerintah kini secara resmi menetapkan mereka sebagai "teroris", setelah pengadilan tinggi di Abuja membuat keputusan serupa tentang geng-geng tersebut.

Sekarang tinggal dilihat seberapa besar keputusan baru ini akan mempengaruhi perang melawan para penjahat di negara bagian barat laut dan tengah utara Nigeria, tetapi keputusan itu juga mengubah cara militer dapat memerangi mereka dan jenis senjata apa yang dapat digunakan.

Jet Super Tucano yang diterima tahun lalu dari AS sebelumnya tidak dapat digunakan untuk melawan bandit, tetapi sekarang dapat digunakan.

Perubahan klasifikasi juga memudahkan untuk mengadili para bandit atas berbagai kejahatan yang mereka lakukan - mulai dari penculikan anak sekolah hingga pencurian ternak.

Tersangka dapat dengan mudah didakwa dengan terorisme, bukan pelanggaran yang berbeda.

Komunitas dan politisi yang diam-diam mendukung para bandit sekarang akan berpikir dua kali untuk melakukannya, karena mereka berisiko dikaitkan dengan kelompok teror.

Sementara sebagian besar komunitas telah dipaksa untuk membayar pajak kepada para penjahat ini untuk memastikan kelangsungan hidup mereka, yang pada gilirannya membantu mendanai mereka, kemungkinan akan ada lebih sedikit kerjasama sekarang.

Diharapkan juga bahwa keputusan ini akan mencegah warga bergabung dengan kelompok bandit di Nigeria utara.