Tempat Dengan Nama Terpanjang di Dunia

By Admin


nusakini.com - Apakah kalian suka traveling? Bagaimana ya kira-kira jika kalian mau liburan ke daerah dengan nama yang susah untuk diucapkan? Inilah Nama Tempat Terpanjang di Dunia. Namanya aneh, unik dan sangat sulit sekali untuk diucapkan. Butuh bertahun-tahun untuk menghapalkan nama-nama tempat ini.

  • Taumata­whakatangihanga­koauau­o­tamatea­turi­pukakapiki­maunga­hor o­nuku­pokai­whenua­kitanatahu


Meski kedengarannya absurd banget, tapi Taumata­whakatangihanga­koauau­o­tamatea­turi­pukakapiki­maunga­hor o­nuku­pokai­whenua­kitanatahu adalah nama sebuah bukit (dalam bahasa Māori) yang terletak di North Island, New Zealand. Karena namanya yang benar-benar panjang, 85 huruf, nama tempat ini meraih Guiness World Records sebagai nama tempat (resmi) terpanjang di dunia.

Nama bukit ini diterjemahkan secara bebas sebagai “Puncak dimana Tamatea, orang dengan lutut yang besar, pendaki pegunungan, penakluk dataran yang senang bepergian, bermain dengan flute untuk orang yang dicintainya”.

  • Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg


Chargoggagoggmanchauggagoggchaubunagungamaugg, 45 huruf disebut sebagai nama tempat terpanjang di Amerika Serikat. Namun, kalau susah menyebutkannya, cukup disebut sebagai Lake Chaubunagungamaug.

Nama danau ini sangat aneh, bahkan sangat jarang yang bisa mengejanya dengan tepat, termasuk marka jalan di atas. Saat ini, danau ini lebih dikenal sebagai Danau Webster, namun masih banyak yang menyebut dengan nama aslinya yang panjang itu. Anyway, nama danau ini berasal dari Nipmuc, sebuah bahasa Algonquian dari sub keluarga bahasa asli Amerika. Konon artinya adalah, “Memancing Tempat di Perbatasan — Lahan Pertemuan yang Netral.”

  • Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit


Nama resmi Bangkok ini terdiri atas 176 huruf (!!!), yang digunakan sejak pertengahan abad 19, tepatnya pada masa pemerintahan King Mongkut.

Dalam Bahasa Thai, nama tersebut ditulis sebagai “กรุงเทพมหานคร อมรรัตนโกสินทร์ มหินทรายุธยา มหาดิลกภพ นพรัตนราชธานีบูรีรมย์ อุดมราชนิเวศน์มหาสถาน อมรพิมานอวตารสถิต สักกะทัตติยวิษณุกรรมประสิ ทธ”. 

Nama asli Bangkok ini tersusun dari akar kata dalam Bahasa Pali dan Sansekerta. Maknanya adalah “Kota alaikat, kota besar yang abadi, kota yang megah dari sembilan permata, kursi raja, kota istana kerajaan, rumah dewa yang menjelma, yang didirikan oleh Visvakarman atas perintah Indra.” 

Murid-murid sekolah di Thailand diajarkan untuk menyebut Bangkok dengan nama lengkap ini, meski tak semua bisa menjelaskan maknanya, sebab beberapa katanya sudah kuno dan hanya diketahui segelintir orang.

  • Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch


Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch (a.k.a. Llanfair PG) adalah sebuah desa yang terletak di Pulau Anglesey di Wales, Britain. Nama desa ini meraih Guiness Book of Records sebagai nama tempat terpanjang di Eropa.

Rupanya nama desa yang panjang ini memang sengaja diciptakan sejak tahun 1860 untuk menarik minat wisatawan. Arti namanya adalah “Gereja St. Mary di rongga pohon hazel putih dekat pusaran air yang deras dan gereja St Tysilio dari gua merah” dalam Bahasa Welsh.

  • Dolores Hidalgo Cuna de la Independencia Nacional


Lebih sering disebut sebagai Dolores Hidalgo, nama lengkap kotamadya ini adalah Dolores Hidalgo Cuna de la Independencia Nacional.

Kota ini adalah kota kecil yang dikenal hanya sebagai Dolores ketika Bapa Miguel Hidalgo menangis demi kemerdekaan Meksiko (yang Grito de Dolores) pada dini hari tanggal 16 September tahun 1810, di depan gereja parokinya. Setelah Meksiko mencapai kemerdekaan, kota ini berganti nama menjadi Dolores Hidalgo demi menghormatinya.

  •  Gasselterboerveenschemond


Dengan 25 karakter, Gasselterboerveenschemond adalah nama tempat terpanjang Belanda yang ditulis dalam satu kata. Nama ini juga hanya satu karakter lebih banyak dari Gasselternijveenschemond, yang hanya berjarak beberapa kilometer jauhnya dari dukuh pertama. (k/om)