nusakini.com - Banjir bisa saja terjadi akibat luapan air yang berlebihan karena suatu sungai atau bendungan yang sudah tak muat lagi dalam menampung kapasitas volume air. Namun ternyata ada beberapa fenomena banjir bandang yang cukup aneh terjadi di berbagai belahan dunia ini. Penasaran banjir seperti apakah ini dan terjadi dimana saja?

  • Banjir Air Panas di Swedia


Banjir kali ini terjadi di negara Swedia yang mana bukanlah banjir biasa. Banjir saat ini sungguh aneh karena airnya sangat panas bahkan hampir mendidih. Seperti yang telah dilansir pada bulan Febuari 2015 lalu, bencana banjir itu telah mengakibatkan kecelakaan bus yang mengakibatkan 1 orang meninggal dan 7 orang luka-luka. Banjir ini terjadi lantaran ada ledakan pipa pemanas di pusat kota. Sehingga perusahaan terkait telah menghimbau warga agar hati-hati saat melewati genangan air banjir tersebut.

  • Banjir Karamel di Boston


Pada tahun 1919 lalu telah terjadi suatu fenomena langka, yang mana ada banjir karamel di kota Boston, Amerika Serikat. Jikalau karamelnya sedikit pasti uenak banget, namun apa jadinya jika sampai caramel membanjiri wilayah kota, ini benar-benar bencana. Hal ini terjadi lantaran sebuah tanki sirup hitam raksasa setinggi 26 meter yang dikenal dengan Molasses mendadak pecah. Karena itulah banjir karamel menerjang seluruh kota dengan terjangan gelombang manis dan lengket.

  • Banjir Bir di London


Bencana banjir aneh selanjutnya terjadi di London yang terjadi beberapa waktu silam lamanya. Banjir ini menjadi sejarah yang tak terlupakan oleh sejarah Inggris, karena ada bencana banjir Beer yang mengakibatkan gelombang tsunami setinggi 4,5 meter. Setumpuk tong setinggi 3 lantai berisi bir telah pecah dan mengakibatkan tsunami bir yang akhirnya membanjiri jalan-jalan dan menghancurkan rumah-rumah disana. Setidaknya ada 8 korban tewas dalan insiden ini, seperti yang pernah dilansir oleh snakeriverbrewing.com (17/10/2016).

  • Banjir Lumpur Lapindo


Dan yang terakhir banjir aneh yang terjadi di Indonesia yang mana terjadi di Sidoarjo, jawa Timur. Seperti yang telah dilansir dari ilmugeografi.com (27/05/2016) lalu, banjir lumpur panas disini lebih dikenal dengan nama Banjir Lumpur Lapindo. Banjir aneh ini terus terjadi hingga saat ini. Wilayah Sidoarjo masih terus menyemburkan lumpur panas di daerah bekas tambang tersebut. Yang mengakibatkan tergenangnya pemukiman warga, ladang, perindustrian, semua wilayah disana benar-benar tanpa kehidupan.

Nah bagaimana menurut kalian semua, itu tadi adalah beberapa bencana banjir teraneh yang pernah terjadi di dunia. Sebuah bencana atau fenomena alam yang tengah terjadi merupakan kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita hanya bisa berdoa dan berusaha menjaga lingkungan kita agar tetap aman sentosa. (m/om)