nusakini.com-- Penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXIV 2017 Tarakan, Kalimantan Utara telah usai. Event dua tahunan ini ditutup Jumat (21/07) malam oleh Plt. Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamarudin Amin yang menggantikan Menteri Agama. 

"Dengan mengucapkan Alhamdu lillahi rabil alamin, Seleksi Tilawaril Quran ke-4 tahun 2017 di Kota Tarakan secara resmi saya nyatakan ditutup," ujar Kamarudin sembari menekan tombol sirine dan diikuti pertunjukan kembang api. 

Kota Tarakan sempat diguyur hujan pada awal acara penutupan. Namun, masyarakat tetap hadir dan memadati area Masjid Baitul Izzah Islamic Center.  

Kamarudin berharap, STQ ini bisa menigkatkan rasa cinta umat Islam kepada Al-Quran. Kecintaan itu ditunjukan tidak hanya dengan membaca atau menghafal, tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

"Mari kita semua majukan bangsa ini dengan selalu ingat Al-Quran dalam membangun sumber daya manusia berkualitas dan berkarakter," katanya. 

Acara penutupan dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Utara, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, serta sejumlah pimpinan daerah di Indonesia. 

STQN XXIV 2017 Tarakan dibuka Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada 16 Juli 2017. Ajang ini diikuti 460 orang peserta dari 34 Provinsi seluruh Indonesia. 

Berikut ini Kafilah Provinsi peraih peringkat 10 besar STQN XXIV 2017 di Tarakan Kalimantan Utara: 

1. DKI Jakarta

2. Kepulauan Riau

3. Jawa Tengah

4. Kalimantan Timur

5. Banten

6. Sumatera Utara, Sumatera Barat 

7. Aceh, Kalimantan Utara

8. Jawa Barat, Kalimantan Selatan

9. Jambi, Kalimantan Barat

10. Jawa Timur, Papua Barat, Nusa Tenggara Barat. (p/ab)