Soekarwo: Tidak Masalah dengan Sikap 31 Kepala Daerah di Jatim Jadi Jurkam Jokowi

By Admin


nusakini.com - Surabaya - Gubernur Jatim Soekarwo menyatakan tidak ada masalah dengan sikap 31 kepala daerah di Jatim yang secara tegas memberikan dukungan politik dengan menjadi tim kampanye daerah (TKD) kepada duet pasangan Capres-Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin. Hanya saja ia mengingatkan, dalam memberikan dukungannya, setiap kepala daerah memiliki hak dan kewajibannya untuk mengajukan cuti dan melimpahkan sementara kewenangannya selama izin cuti kepada wakilnya atau minimal ke sekretaris daerah (Sekda)-nya.

“Mekanismenya memang harus mengajukan izin cuti. Itu haknya, tapi ada kewajiban undang-undang yang harus dilakukan, yaitu melimpahkan sementara jabatan kepada wakilnya atau sekdanya,” ujar Pakde Karwo panggilan akrab Soekarwo dalam siaran persnya yang diterima Minggu (23/9/2018).

Terkait ada kepala daerah yang akan kampanye di hari libur saja, Pakde Karwo menegaskan memang dalam aturannya boleh.

"Jika memanfaatkan hari libur, tentu tidak usah mengambil cuti. Namun, tetap harus meminta izin kepadanya selaku wakil pemerintah pusat dalam hal ini Mendagri. Kalau bukan hari keja, tidak perlu izin cuti, tetapi cukup izin pemberitahuan sebagai kepala daerah yang melakukan kampanye di hari libur," jelasnya.

Ia juga menyarankan bagi para kepala daerah yang berkampanye sebaiknya tidak memakai atribut pemerintahan dan tidak boleh menggunakan fasilitas dinas. (b/ma)