Peningkatan Kualitas SDM Perlu Untuk Bersaing di Tingkat Global

By Admin

nusakini.com--Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo memberikan sambutan pada acara Dosen Competency Update di PKN STAN di Aula Gedung G PKN STAN, Tangerang Selatan, Jumat (02/03). Ia berpesan agar dosen lebih memperluas wawasan karena saat ini teknologi berkembang dengan sangat cepat begitu pula mahasiswa yang juga belajar dengan cepat. 

"Dunia sekarang tanpa batas, jadi mahasiswa kita juga tanpa batas belajarnya. Ini pressure buat Bapak supaya Bapak banyak baca," ujar Wamenkeu.  

Ia menjelaskan bahwa saat ini, dunia sudah masuk pada era knowledge based economy. Penguasaan teknologi dan pengetahuan adalah kunci untuk bersaing di tingkat global. 

Dengan kemajuan teknologi, Indonesia akan mengalami serbuan tenaga asing. Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM menjadi sangat penting. 

"Sekarang STAN tidak dibandingkan dengan UI, UGM, ITB, dan UNPAD lagi tapi sudah dengan Singapura, Malaysia karena semua sudah borderless," jelasnya. 

Terakhir, Wamenkeu mengingatkan bahwa kampus dan akademisi adalah pembentuk human capital Indonesia yang andal dan dapat diandalkan. Human capital yang mampu meneruskan amanah perjuangan bangsa. 

"Dosen harus mampu mengolah bahan baku yang bagus menjadi sangat bagus dengan memperkuat keahlian, membuka wawasan, dan menanamkan nilai serta etika yang kuat untuk dapat bertahan menghadapi perubahan," tutup Wamenkeu.(p/ab)