Penerapan E-Goverment Tak Dapat Dihindari

By Admin

nusakini.com--Untuk memenuhi harapan masyarakat yang saat ini lebih menginginkan pelayanan yang lebih tepat, cepat, murah, transparan, dan berkualitas, perlu dilakukan digitalisasi pelayanan, serta menerapkan e-government . Penerapan e-government tidak dapat dihindari, mengingat perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi berpengaruh terhadap penyelenggaraan pemerintahah secara signifikan. 

"Sejalan dengan berkembangnya penggunaan teknologi informasi di lingkungan pemerintah dan masyarakat, maka pemerintah menyikapinya dengan menggunakan teknologi tersebut sebagai alat untuk memperlancar dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintah," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur saat menjadi pembicara dalam acara Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) tingkat II Badan Diklat Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (17/10). 

Lebih lanjut Asman menyampaikan, Diklat Kepemimpinan merupakan salah satu upaya strategis untuk menghasilkan para pemimpin perubahan (reformers), yang handal di lingkungan instansinya masing-masing, termasuk pola kerja yang berbasis teknologi informasi melalui penerapan e-government. 

Melalui Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) diharapkan dapat menghasilkan pemimpin yang memiliki mindset perubahan dalam segala sektor, salah satunya melalui pelayanan publik. "Diklatpim bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pemimpin, agar menjadi pemimpin perubahan yang inovatif dan kreatif dalam rangka memberikan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat," katanya. 

Turut hadir dalam acara terseut Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Adi Suryanto, Dpeuti Pelayanan Publik Diah Natalisa, Kepala Badan Dilkat Provinsi Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo, serta pejabat di Sulawesi Selatan.(p/ab)