nusakini.com-- Persaingan pembangunan ekonomi antar negara saat ini semakin ketat. Pemerintah pun segera meningkatkan daya saing di semua sektor untuk mendukung terwujudnya perekonomian nasional yang kompetitif. 

“Bekerja harus fokus agar daya saing kita di semua sektor harus diperkuat kurang lebih gitu,” ungkap Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri setelah mengikuti rapat paripurna di Istana Negara Jakarta, Jumat (9/9). 

Dalam rapat paripurna tersebut, Presiden menjelaskan tentang persaingan antarnegara memang saat ini terlihat nyata. Semua negara berlomba-lomba berebut investasi dan modal agar masuk ke negaranya. Oleh karena itu, pemerintah harus bisa menentukan core ekonomi dan core business Indonesia. Setelah ditentukan, Indonesia bisa membuat positioning dan brand tanpa harus berkejar-kejaran dengan negara lain. 

Dengan adanya kenyataan tersebut, Presiden menginstruksikan kepada jajarannya untuk menentukan arah perekonomian nasional. Menurut presiden, dengan cara tersebut Indonesia dapat membangun keunikannya. Keunikan-keunikan yang dimiliki Indonesia dinilai presiden merupakan suatu keunggulan bagi Indonesia dalam bersaing dengan negara lainnya. 

“Ya misalnya di antara kita tidak boleh bekerja terjebak rutinitas, anggaran sudah harus diefisienkan, belanja modal harus diperkuat dan belanja pegawai diperketat,” papar Menaker.(p/ab)