Pemerintah Daerah Komitmen Tingkatkan Layanan Ketenagakerjaan

By Admin

nusakini.com--Persoalan-persoalan yang ada pada bidang ketenagakerjaan menjadi fokus kerja Pemerintah Indonesia saat ini. Untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada, atensi dan komitmen kuat pemerintah pusat dan daerah sangat penting untuk diwujudkan. 

Hal ini disampaikan Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kementerian Ketenagakerjaan RI Maruli A. Hasoloan pada pertemuan antara Menteri Ketenagakerjaan RI (Menaker) M. Hanif Dhakiri dengan rombongan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan (Disnakertransduk) Provinsi Jawa Tengah di Kantor Kemnaker, Jakarta, Kamis (2/2). 

Dari pertemuan tersebut, Drijen Maruli menjelaskan bahwa Disnakertransduk Provinsi Jawa Tengah sangat berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan bidang ketenagakerjaan. 

“Tingkat provinsi, kabupaten/kota itu komitmen untuk meningkatkan pelayanan ketengakerjaan. Ada beberapa upaya terkait pelatihan, terus penempatan, dan juga hubungan industrial itu yang perlu ditingkatkan,” katanya. 

Sebelumnya, Menaker Hanif menekankan pentingnya sinergi antara pusat dan daerah untuk menjadikan persoalan ketenagakerjaan sebagai salah satu fokus utama pemerintah. Hal ini akan membantu untuk memastikan pasar kerja yang berkualitas. 

Selain itu, hal tersebut akan membantu angkatan kerja agar bisa memasuki pasar kerja. Saat ini pemerintah tengah menggalakkan pelatihan kerja untuk menjawab permasalahan ketenagakerjaan dengan profil angkatan kerja didominasi lulusan SD/SMP sebanyak 60%. 

“Mereka harus jadi prioritas kita. Daerah saya minta untuk memetakan mana saja daerah kantong lulusan SD/SMP dan lakukan intervensi untuk dorong peningkatan kapasitas dan akses ke pasar kerja.” kata Menteri Hanif.(p/ab)