Mengikuti Shiro, Si Kucing Penunggu Gedung DPR

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Shiro, kucing putih yang sudah sekitar 4 tahun tinggal di lantai 23 Gedung Nusantara I DPR RI seolah sudah menjadi penghuni tetap tempat fraksi-fraksi DPR berkantor. Hampir seluruh petugas di gedung tersebut mengenal Shiro.

Shiro dikenal banyak orang di gedung tersebut karena dia pandai naik-turun menggunakan lift. Saat tanda lift berbunyi menandakan pintu akan dibuka, Shiro bergegas mencari lift mana yang akan terbuka.

"Dia suka naik lift. Kucing yang suka naik lift ya ini doang satu. Begitu ada bunyi 'ting', langsung masuk saja dia. Kalau belum ada bunyi dia diem saja di depan pintu liftnya," kata salah seorang pegawai Media Center Fraksi NasDem, Abdul Rosyid, di Media Center Fraksi NasDem, Nusantara I DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Abdul mengatakan, Shiro naik-turun menggunakan lift ketika dia akan buang air atau untuk menemui kucing lain di basement. Shiro pun tahu di lantai mana dia harus turun.


"Dia turun cuma kalau mau buang air atau ke basement. Dia nggak pernah mau buang air di lantai 23. Cuma tidur sama makan dia ke sini (lantai 23). Dia tahu turunnya di mana, kalau sudah di lantai 1 atau 23 dia pasti turun," ujar Ari, karyawan yang sering memberi Shiro makan. Lantai 23 kini dipakai oleh Fraksi NasDem.

Ketika mencoba mengikuti jejak Shiro saat hendak turun menggunakan lift. Di dalam lift, Shiro berdiam tepat di depan pintu seolah menunggu pintu lift terbuka.

Sampai di lantai 19, yang digunakan bersama fraksi PAN-Gerindra-PKB, ketika pintu terbuka Shiro berlari keluar dari lift dan langsung menuju ke satu buah pot tanaman besar untuk buang air. Setelah selesai menunaikan hajatnya, Shiro kembali berdiri di depan pintu lift seolah berjaga pintu mana yang akan terbuka. Tepat di lantai 23 Shiro keluar dari lift.

Para staf dan karyawan yang bekerja di lantai 23 terlihat tidak terganggu dengan kehadiran Shiro di tengah-tengah mereka. Justru mereka terlihat sayang dengan Shiro. (d/om)