Burj Khalifa Punya 3 Zona Waktu Puasa

By Admin


nusakini.com - Jalan-jalan ke Dubai, pastinya jangan sampe kelewatan buat ngunjungin gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Bangunan ini bukan hanya jadi gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian lebih dari 828 meter. Kalo dibandingin sama Monas, Burj Khalifa ini 6 kali lebih tinggi gan. Saking tingginya, bahkan agan bisa ngerasain 2 kali matahari terbenam di bangunan ini.

Jadi Burj Khalifa ini punya 3 kelompok berbuka puasa yang masing-masing bedanya 1 menit. Zona pertama adalah lantai dasar hingga 80. Pada lantai ini, lama puasanya sama seperti durasi puasa yang umum di wilayah tersebut. Zona kedua adalah lantai 81-150. Kalau di zona ini lama puasanya bertambah sekitar dua menit dari durasi puasa pada umumnya. Zona ketiga adalah lantai 151 ke atas. Nah, kalau di zona ini, lama puasanya bertambah sekitar tiga menit.

Ternyata penyebabnya itu adalah perbedaan ketinggian. Semakin tinggi jaraknya dari permukaan tanah, ufuk yang terlihat juga jadi beda. Jadi setiap naik 100 meter, waktu magrib bakalan bertambah 1 menit karena ufuknya semakin rendah. Jadi ya semakin tinggi, semakin lama juga waktu bukanya.

Tapi buat waktu sahur itu kebalikannya gan. Semakin tinggi lantainya, semakin cepet waktu sahurnya. Sebabnya, di lantai yang tinggi maka waktu fajar akan datang lebih awal. Bukan cuma itu, Ternyata kalo ngeliat sunset alias matahari terbenam dari lantai dasar, terus naik lift buat ke puncaknya, bisa ngeliat sunset lagi. Saking tingginya bangunan ini. 

(k/om)