Ada 187 Kecamatan di Indonesia yang Berbatasan dengan Negara Lain

By Admin

nusakini.com--Plt Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Widodo Sigit Pudjianto, mengatakan tercatat ada 187 kecamatan di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara lain. 

"Itulah concern kita," kata Sigit di acara Kemendagri Media Forum di Gedung Kemendagri Jakarta pada Jumat (7/9). 

Di antara wilayah-wilayah perbatasan tersebut, kata Sigit, banyak ditemukan jalur-jalur tikus. Karena itulah, pemerintah melalui BNPP membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN). 

Karena, jalur-jalur tikus itulah yang menjadi pintu masuk dan keluarnya orang-orang di perbatasan kedua negara. Dikhawatirkan, membawa masalah tersendiri nantinya. "Seperti Narkoba, perdagangan manusia dan terorisme," ujar dia. 

Menurut dia, tugas BNPP bukan cuma menjamin pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah terdepan serta terluar Indonesia. Tapi juga dari sisi keamanannya. "Memastikan supaya NKRI di perbatasan ini aman," tambah Sigit. 

Dalam hal ini, BNPP tak bekerja sendirian. Kewenangan instansi ini adalah membuat desain atas proses pembangunan dan pengamanan di perbatasan. 

Setelah itu, ia bekerja sama dengan kementerian/lembaga terkait. Semisal, untuk pengaman dikawal TNI, pembangunan infrastruktur lewat kementerian PUPR. 

"BNPP hanya desainnya saja, yang mengerjakan urusan teknisnya adalah kementerian lembaga," kata Sigit menegaskan. 

Hadir juga dalam acara Kemendagri Media Forum antara lain, Deputi Infrastruktur BNPP Restuardy Daud dan Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Bahtiar. (p/ab)