Wisatawan Terjebak di China karena Lockdown

By Nad

nusakini.com - Internasional - Lebih dari 2.000 turis terdampar di kota pesisir China setelah lonjakan kasus virus corona.

Pejabat di Beihai mengunci daerah perkotaan dan memerintahkan pengujian massal terhadap 1,9 juta penduduknya selama akhir pekan.

Perintah tersebut muncul ketika kekhawatiran tumbuh tentang dampak kebijakan "nol-Covid" China pada ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Pekan lalu, angka resmi menunjukkan ekonomi negara itu menyusut pada kuartal kedua tahun ini karena pembatasan Covid-19 melanda perusahaan dan konsumen.

Beihai, yang merupakan tujuan musim panas populer di wilayah Guangxi selatan China, mencatat lebih dari 450 infeksi dalam lima hari hingga 16 Juli.

Sementara tingkat kasus itu mungkin tampak rendah menurut standar internasional, hal itu dianggap tinggi di bawah pendekatan pemerintah China terhadap pandemi.

Pada hari Minggu (17/7), pemerintah daerah Beihai mengatakan wisatawan yang tidak melakukan kontak dengan siapa pun yang tertular virus, atau mengunjungi daerah berisiko sedang atau tinggi, akan diizinkan pergi jika mereka menunjukkan tes Covid-19 negatif.

Sisanya harus tinggal di kota dan dikarantina, kata para pejabat pada konferensi pers.

Seorang turis yang sedang berlibur di Beihai mengungkapkan kekesalannya dalam komentar di platform media sosial Douyin, TikTok versi Cina, yang telah menerima lebih dari 2.700 suka.

"Saya baru saja menyelesaikan lockdown 3 bulan saya di Shanghai. Saya baru saja datang ke Beihai untuk menghirup udara segar, apakah saya mengganggu siapa pun?" dia berkata.

Di tempat lain di China, pihak berwenang meningkatkan langkah-langkah untuk memerangi meningkatnya kasus Covid.

Pada hari Senin (18/7), pemerintah daerah Shanghai mengatakan akan mewajibkan penduduk di lebih dari setengah dari 16 distriknya untuk dites virus, setelah mengadakan tes serupa minggu lalu.

Pusat keuangan, perdagangan, dan manufaktur utama hanya dibuka kembali pada Juni setelah penguncian dua bulan.

Ini adalah salah satu dari beberapa kota besar China yang menangani kelompok infeksi baru.

Situasi Covid di China telah "sedikit memburuk di tingkat nasional" selama seminggu terakhir, kata raksasa perbankan Jepang Nomura dalam sebuah catatan pada hari Senin.

"Berdasarkan survei kami sendiri, 41 kota saat ini menerapkan penguncian penuh atau sebagian atau semacam tindakan kontrol berbasis distrik, yang melibatkan tindakan ketat yang membatasi mobilitas penduduk lokal," kata analis Ting Lu, Jing Wang dan Harrington Zhang.

"41 kota ini merupakan 18,7% dari populasi China dan 22,8% dari PDB China [Produk Domestik Bruto]," tambah mereka.

Pada hari Jumat (15/7), data pemerintah menunjukkan ekonomi negara itu berkontraksi tajam pada kuartal kedua tahun ini karena penguncian virus corona yang meluas berdampak besar pada bisnis dan konsumen.

PDB turun 2,6% dalam tiga bulan hingga akhir Juni dari kuartal sebelumnya.

Kota-kota besar di seluruh China, termasuk Shanghai, dikunci penuh atau sebagian selama periode ini karena negara itu terus mengejar kebijakan nol-Covid.

PDB atau Produk Domestik Bruto adalah salah satu cara paling penting untuk menunjukkan seberapa baik, atau buruk, suatu perekonomian berjalan.

Ini adalah ukuran dari semua aktivitas perusahaan, pemerintah, dan individu dalam suatu perekonomian. (bbc/dd)