WHO Peringatkan Pandemi Belum Berakhir

By Nad

nusakini.com - Internasional - Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan peringatan kepada para pemimpin dunia bahwa pandemi virus corona "belum berakhir".

Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan terhadap asumsi bahwa varian Omicron yang dominan baru secara signifikan lebih ringan dan telah menghilangkan ancaman yang ditimbulkan oleh virus.

Intervensi datang ketika beberapa negara Eropa melihat rekor jumlah kasus baru.

Prancis melaporkan hampir setengah juta kasus harian baru pada hari Selasa (18/1).

Untuk pertama kalinya sejak dimulainya pandemi, lebih dari 100.000 infeksi baru tercatat di Jerman dalam waktu 24 jam pada hari Rabu (19/1).

Berbicara dalam konferensi pers di markas besar WHO di Jenewa, Dr Tedros mengatakan kepada wartawan bahwa varian Omicron telah menyebabkan 18 juta infeksi baru di seluruh dunia selama seminggu terakhir.

Sementara variannya mungkin terbukti kurang parah rata-rata, "narasi bahwa itu adalah penyakit ringan, menyesatkan," katanya.

"Jangan salah, Omicron menyebabkan rawat inap dan kematian, dan bahkan kasus yang tidak parah membanjiri fasilitas kesehatan."

Dia memperingatkan para pemimpin global bahwa "dengan pertumbuhan Omicron yang luar biasa secara global, varian baru kemungkinan akan muncul, itulah sebabnya pelacakan dan penilaian tetap penting".

"Saya tetap sangat prihatin dengan banyak negara yang memiliki tingkat vaksinasi rendah, karena orang-orang berkali-kali lebih berisiko terkena penyakit parah dan kematian jika mereka tidak divaksinasi," tambahnya.

Direktur kedaruratan WHO, Dr Mike Ryan, juga memperingatkan bahwa peningkatan penularan Omicron kemungkinan akan mendorong peningkatan rawat inap dan kematian, terutama di negara-negara di mana lebih sedikit orang yang divaksinasi.

"Peningkatan eksponensial dalam kasus, terlepas dari tingkat keparahan varian individu, menyebabkan peningkatan rawat inap dan kematian yang tak terhindarkan," katanya. (bbc/dd)