nusakini.com - Internasional - Wabah cacar monyet telah dinyatakan sebagai darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Klasifikasi tersebut adalah peringatan tertinggi yang dapat dikeluarkan WHO dan mengikuti peningkatan kasus di seluruh dunia.

Pernyataan tersebut terjadi pada akhir pertemuan kedua komite darurat WHO tentang virus terkait.

Lebih dari 16.000 kasus kini telah dilaporkan dari 75 negara, kata direktur jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Sejauh ini ada lima kematian akibat wabah tersebut, tambahnya.

Hanya ada dua keadaan darurat kesehatan lainnya saat ini - pandemi virus corona dan upaya berkelanjutan untuk memberantas polio.

Dr Tedros mengatakan komite darurat tidak dapat mencapai konsensus tentang apakah wabah cacar monyet harus diklasifikasikan sebagai darurat kesehatan global.

Namun, dia mengatakan wabah itu telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat dan dia telah memutuskan bahwa itu memang menjadi perhatian internasional.

Terlalu sedikit yang dipahami tentang cara penularan baru yang memungkinkannya menyebar, kata Dr Tedros.

"Penilaian WHO adalah bahwa risiko cacar monyet adalah moderat secara global dan di semua wilayah, kecuali di kawasan Eropa, di mana kami menilai risikonya tinggi," tambahnya.

Ada juga risiko yang jelas dari penyebaran internasional lebih lanjut, meskipun risiko gangguan lalu lintas internasional tetap rendah untuk saat ini, katanya.

Dr Tedros mengatakan deklarasi itu akan membantu mempercepat pengembangan vaksin dan penerapan langkah-langkah untuk membatasi penyebaran virus.

WHO juga mengeluarkan rekomendasi yang diharapkan akan memacu negara-negara untuk mengambil tindakan untuk menghentikan penularan virus dan melindungi mereka yang paling berisiko.

"Ini adalah wabah yang dapat dihentikan dengan strategi yang tepat dalam kelompok yang tepat," kata Dr Tedros.

Cacar monyet pertama kali ditemukan di Afrika tengah pada 1950-an.

Di Inggris, sejauh ini ada lebih dari 2.000 kasus yang dikonfirmasi.

Pejabat kesehatan telah merekomendasikan orang-orang yang berisiko tinggi terkena cacar monyet - termasuk beberapa pria gay dan biseksual, serta beberapa petugas kesehatan - harus ditawari vaksin.

Gejala awal biasanya termasuk demam tinggi, pembengkakan kelenjar getah bening dan ruam atau lesi seperti cacar air yang melepuh - sering kali di mulut atau alat kelamin dalam kasus baru-baru ini. Infeksi biasanya ringan. (bbc/dd)