Warga Desak Presiden Korsel untuk Ampuni Ketua Samsung dan Lotte

By Nad

nusakini.com - Internasional - Masyarakat Korea Selatan mendesak Wakil Ketua Samsung Electronics Lee Jae-yong dan Ketua Lotte Group Shin Dong-bin diberikan pengampunan, didorong oleh ekspektasi pemulihan ekonomi yang dipimpin oleh sektor swasta untuk menavigasi ekonomi Korea di tengah tantangan risiko penurunan baik dari dalam negeri maupun luar negeri, menurut pengamat pasar, Jumat (15/7).

Banyak yang mengatakan Presiden Yoon Suk-yeol harus mengampuni kedua orang yang merupakan pengambil keputusan perusahaan teratas, yang didakwa atas tuduhan suap, untuk merangsang investasi dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja, membantu perekonomian menghadapi pandemi COVID-19 yang berkepanjangan dan melonjaknya harga barang dan jasa.

Kebanyakan mengharapkan pengampunan presiden akan datang pada 15 Agustus Hari Pembebasan. Apakah tokoh politik, termasuk mantan Presiden Lee Myung-bak dan mantan Gubernur Provinsi Gyeongsang Selatan Kim Kyoung-soo, akan memenuhi syarat untuk pengampunan khusus masih harus dilihat.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Korea (KCCI) Chey Tae-won, yang merangkap sebagai ketua SK Group, menekankan perlunya pengampunan khusus, Kamis (14/7).

"Saya telah lama menyatakan bahwa para pemimpin bisnis harus diberikan lebih banyak keringanan hukuman jika keadaan memungkinkan," kata Chey saat jumpa pers di Haevichi Hotels & Resorts di Pulau Jeju.

"Saya meminta lingkungan di mana kegiatan bisnis dapat berjalan lebih bebas dan luas untuk membantu mengatasi tantangan ekonomi," tambahnya.

Komentar itu muncul kurang dari sehari setelah Perdana Menteri Han Duck-soo mengatakan memaafkan para pemimpin bisnis akan membantu meningkatkan perekonomian.

"Menjelajahi kemungkinan grasi tidak akan dianggap terlalu berlebihan di mata publik, karena para terpidana telah menjalani hukuman penjara," katanya saat konferensi pers di Korea Press Foundation di Seoul, Rabu (13/7).

Penjabat ketua dan pemimpin Partai Kekuatan Rakyat yang berkuasa Kweon Seong-dong menggemakan sentimen serupa pada hari Jumat.

Pengampunan presiden yang diberikan oleh pemerintahan sebelumnya dimaksudkan untuk menyatukan masyarakat dan merevitalisasi ekonomi, katanya setelah pertemuan partai di Majelis Nasional di Yeouido, Seoul.

"Saya tidak tahu siapa yang akan memenuhi syarat, saya juga tidak punya niat untuk merekomendasikan daftar nama yang menurut saya harus diampuni. Itu akan dan harus ditentukan hanya oleh presiden."

Kementerian Kehakiman saat ini sedang meninjau daftar pengampunan khusus pada kesempatan Hari Pembebasan 15 Agustus. Itu akan diselesaikan sebelum akhir bulan ini.

Baik Lee dan Shin dijatuhi hukuman dua setengah tahun penjara, menyusul keyakinan dalam persidangan korupsi yang berlarut-larut yang melibatkan mantan Presiden Park Geun-hye yang dipermalukan.

Lee berada di penjara dari 18 Januari hingga 13 Agustus 2021, ketika dia dibebaskan bersyarat. Hukuman Shin ditangguhkan selama empat tahun. (koreatimes/dd)