Presiden Korea Selatan Berikan Pengampunan untuk Lee Jae-yong, Pewaris Samsung

By Nad

nusakini.com - Internasional - Presiden Yoon Suk-yeol memberikan pengampunan khusus pertamanya kepada pewaris Samsung Lee Jae-yong, Ketua Grup Lotte Shin Dong-bin dan 1.691 lainnya pada kesempatan peringatan Hari Pembebasan minggu depan, kata pemerintah pada hari Jumat (12/8).

Pemerintah mengumumkan pengampunan itu mulai berlaku sejak Hari Pembebasan pada Senin (15/8).

Mantan Presiden Lee Myung-bak awalnya secara luas diharapkan mendapat manfaat dari pengampunan tetapi tidak termasuk dalam daftar. Juga dikecualikan adalah mantan Gubernur Provinsi Gyeongsang Selatan Kim Kyoung-soo.

Penerima manfaat yang paling menonjol adalah Wakil Ketua Samsung Electronics, Lee Jae-yong.

Dia dijatuhi hukuman 2 1/2 tahun penjara dalam kasus suap yang melibatkan mantan Presiden Park Geun-hye dan dibebaskan bersyarat pada Agustus tahun lalu. Masa hukumannya secara resmi berakhir pada 29 Juli, tetapi dia masih membutuhkan pengampunan agar semua haknya dipulihkan.

Ketua Lotte Group Shin dijatuhi hukuman penjara 2 1/2 tahun yang ditangguhkan pada Oktober 2018 dalam kasus suap serupa yang melibatkan mantan Presiden Park.

Pengampunan yang diharapkan secara luas untuk mantan Presiden Lee Myung-bak yang berusia 81 tahun dikesampingkan pada menit terakhir karena tingkat persetujuan Yoon telah turun ke tingkat yang sangat rendah dan pengampunan mantan presiden yang tidak populer dapat memperburuk posisinya.

Lee Myung-bak telah keluar dari penjara sejak Juni setelah pengadilan memberikan penangguhan hukuman penjara selama tiga bulan karena masalah kesehatan.

Di Korea Selatan, presiden biasanya memberikan pengampunan khusus dalam rangka memperingati hari besar nasional, dengan para pemimpin konglomerat papan atas, yang dikenal sebagai chaebol, sering kali menjadi penerima manfaat dengan alasan bahwa kembalinya mereka ke manajemen akan membantu meningkatkan ekonomi domestik. (Yonhap/dd)