UNJ Siap Lakukan Rekrutmen Atlet Usia Dini untuk Sukseskan Pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof. Komarudin menyampaikan telah menyiapkan semua kebutuhan teknis dan non teknis untuk tahun ajaran baru rekruitmen atlet usia dini tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) tahun 2022.

"Kami dalam persiapan pelaksanaan DBON di bulan Juli ini telah melakukan koordinasi dengan pelaksana di lapangan maupun pemangku kebijakan daerah," kata Rektor UNJ Komarudin usai membuka Sidang Terbuka UNJ dalam rangka Dies Natalis ke-58 di GOR Kampus B UNJ, Jakarta, Selasa (17/5).

Melalui dekan FIK UNJ, lanjut Komarudin, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dispora dan dinas pendidikan untuk kesiapan yang lebih matang, baik itu diprogram latihannya, pendidikanya maupun dukungan lain, termasuk asrama dan pola pengasuhan di luar pembinaan olahraganya. "Semua sudah disiapkan lebih matang, mulai latihannya hingga pola pembinaan olahraga," ujarnya.

"Bahkan secara tekhnis kita sudah lakukan beberapa kali pertemuan dan rakor-rakor, insha Allah di bulan Juli di tahun ajaran baru kita sudah siap running," tandasnya.

Meski telah siap dengan persiapan matang, Komarudin masih memerlukan lampu hijau dari Menpora Amali sebagai dasar penguatan pelaksanaan tahun ajaran baru DBON 2022. "Kami tinggal menunggu instruksi penugasan dari Menpora sebagai dasar pelaksanaan program tersebut," harapnya.

"Karena kita akan melakukan rekruitmen atlet dan sebagainya termasuk sumber daya yang lainnya, dengan adanya penugasan itu kami siap melaksanakan," harap Komarudin lagi.

Harapan besar juga ia sampaikan kepada Menpora Amali agar terus memberikan bimbingan dan pembinaan terkait pelaksanaan DBON dilapangan.

"Kami berharap besar dengan Kemenpora. Untuk itu kami mohon khusus Pak Menpora hadir di acara ini. Dengan kerjasama dan kolaborasi dan bimbingan serta pembinaan dari Pak Menpora prestasi olahraga UNJ juga akan semakin meningkat," pungkasnya.

Sementara, Menpora Amali menyampaikan terkait pelaksaan DBON ini akan dimulai dengan identifikasi bakat atlet hingga nantinya jika telah menjadi atlet elit nasional akan dipindahkan ke Sport Center di Cibubur.

"Kita akan mulai untuk identifikasi bakat anak-anak pada bulan Juli ini. Kita akan memulai menerima kelas 1 SMP. Kemudian akan ditempatkan di lab school yang ada, dan kemudian akan diinapkan di asrama mahasiswa," urai Menpora Amali.

Menpora Amali bersama jajarannya akan terus memberikan pemantauan dari berbagai segi termasuk nutrisi, psikology hingga sport science dan dokternya.

"Terakhir mereka akan ditempatkan di Sport Center Cibubur yang sedang dibangun oleh Kementerian PUPR. Jadi, jika sudah masuk dalam jajaran atlet elit nasional kita akan pindahkan dari perguruan tinggi Sport Center Cibubur," urai Menpora Amali.

"Kita berupaya dengan DBON ini semua prestasi akan lahir by design tidak ada lagi prestasi by accident. Harapan saya kepada UNJ bisa menjadi pelopor terdepan untuk kesuksesan Desain Besar Olahraga Nasional," tutup Menpora Amali.(rls)