Universitas Negeri Semarang Berkomitmen Dukung Lulusan Sekolah Indonesia Jeddah dan Makkah Mengenyam Pendidikan Tinggi

By Abdi Satria


nusakini.com-Jeddah-KJRI Jeddah dan Universitas Negeri Semarang (UNNES) resmi tandatangani Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama di Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penandatanganan ini dilakukan secara virtual di KJRI Jeddah dan Kampus UNNES di Semarang. 

“Kita harapkan semoga kerja sama KJRI Jeddah dan UNNES bisa membantu memutus mata rantai kemiskinan melalui pendidikan," ujar Konsul Jenderal RI di Jeddah, Eko Hartono dalam sambutannya. “Semoga melalui kerja sama ini, UNNES dan KJRI Jeddah bisa memberikan manfaat bagi banyak pihak dan mendukung pembangunan di Indonesia," ujar Rektor UNNES, Fathur Rokhman. 

Dalam Nota Kesepahaman, UNNES berkomitmen untuk memberikan dukungan bagi para lulusan Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) dan Sekolah Indonesia Makkah (SIM) agar diterima di UNNES. Komitmen kerja sama akan terus diperluas ke bidang lainnya, antara lain, internship, pengiriman tenaga pengajar BIPA, penyuluhan hukum serta pelatihan kewirausahaan. 

Bila pada tahun sebelumnya hanya dua siswa yang diterima di UNNES, pada tahun ajaran ini, jumlahnya meningkat menjadi 9 orang siswa dari SIJ dan SIM. Sebelas siswa tersebut diterima melalui jalur mandiri dengan program beasiswa dan bantuan biaya kebutuhan hidup selama delapan semester. 

Hingga tahun ini, KJRI Jeddah telah menjalin kerja sama afirmatif dengan tiga perguruan tinggi di tanah air yaitu Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Darussalam Gontor (UDG) dan terakhir dengan Universitas Negeri Semarang (UNNES). KJRI Jeddah mengajak perguruan tinggi lainnya turut berkontribusi untuk bersama-sama mencerdaskan anak-anak bangsa di rantau melalui kerja sama pendidikan dan pengabdian kepada msyarakat dalam rangka membangun SDM yang unggul.(p/ab)