Umrah Kembali Ditunda, Gus Yasin Minta Masyarakat Sabar untuk Kebaikan

By Abdi Satria


nusakini.com-Semarang-Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, mengimbau masyarakat yang hendak berangkat ibadah umrah agar bersabar.

Imbauan tersebut disampaikan Wagub, menyusul kembali ditutupnya sementara ibadah umrah oleh Kemenag RI sejak 15 Januari kemarin.

“”Saya berharap kawan-kawan yang mau umrah ya kita tahan dulu. Kemarin saya ngobrol sama Pak Gub, ‘Pak saya pingin umrah, padha Gus’. Tetapi, kita lihat dulu. Saya berharap kepada masyarakat juga untuk hati-hati, kita tahan dulu deh untuk jangan umrah dulu,” kata Gus Yasin, sapaan wagub, usai rapat paripurna di kantor DPRD Jateng, Senin (17/1/2022).

Ditambahkan, pemerintah pusat melakukan berbagai upaya antisipasi agar virus Covid-19 varian Omicron tidak menjangkit masyarakat yang ibadah umrah maupun haji.

Salah satunya, lanjut dia, dengan melakukan penutupan sementara ibadah umrah. Langkah tersebut, menurut Gus Yasin, patut diapresiasi lantaran pemerintah tengah melakukan evaluasi untuk meminimalisasi penularan.

“Pemerintah tentu akan mengevaluasi lagi. Ternyata kehati-hatian yang sudah diterapkan masih ada kendala. Omicron ini penularannya lebih cepat,” tandasnya.

Diinformasikan, Kementerian Agama menutup sementara penerbangan jemaah umrah sejak 15 Januari. Penutupan tersebut dalam rangka evaluasi skema One Gate Policy (OGP) terkait ibadah umrah. Sebelumnya pemberangkatan jemaah umrah sudah dilakukan sejak 8 Januari 2022 yang memberangkatkan sekitar 1.731 orang. (rls)