UKM MENWA UNM Kembali Gelar Pendidikan Provos Nasional

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) Wolter Mongisidi (WM) Satuan (Sat.) 702 Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali gelar Pendidikan Provos Nasional (Dikprovnas) Angk. VI di Batalyon Komando (Yonko) 466 Pasukan Khas (Paskhas). Kegiatan ini berlangsung selama lima hari. Mulai Sabtu hingga Rabu mendatang (6-10/7).

Dikprovnas merupakan pendidikan lanjutan bagi anggota Menwa yang akan bergabung menjadi anggota provos. Provos merupakan anggota yang bertugas sebagai penegak disiplin dan ketertiban di satuan. 

Dikprovnas kali ini diikuti oleh 22 peserta dari berbagai satuan di Indonesia. Adapun satuan-satuan yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu dari kampus Universitas Tadulako, Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia, STIE Amkop, IAI As'adiyah Sengkang, IAIN Bone, IAIN Palopo, IAIN Pare-pare, dan Universitas Pattimura.

Dansatgas, Muh. Ayub Salehuddin mengungkapkan selama kegiatan berlangsung peserta akan diberi berbagai materi tentang provos yang nantinya akan diaplikasikan di satuan masing-masing.

“Saya berharap agar peserta serius dalam menerima materi agar ilmu mudah diserap dan tidak sia-sia mengikuti pendidikan ini” ungkapnya.

Komandan Satuan UKM Menwa UNM, Andi Muhammad Hamdi Syahid, berharap melalui pembekalan yang sedang diterima ini, para peserta Dikprovnas ini mampu melaksanakan semua tugas secara profesional dan terukur serta bertindak secara tegas, arif dan bijaksana tanpa meninggalkan etika dan sopan santun.

“Semoga setelah mengikuti pendidikan ini, mereka mampu menjadi contoh dalam mentaati segala aturan dan ketentuan hukum yang berlaku, sehingga keberadaan para Provos baru ini mampu memberikan kontribusi positif bagi satuan maupun masyarakat luas", ucapnya.

Kegiatan dibuka di lapangan Yonko 466 Paskhas oleh Komandan Yonko 466 Paskhas, Letkol Pas Arie Setya Wibowo. Dalam arahannya, beliau menegaskan selama mengikuti pendidikan ini agar tetap menjaga kesehatan dan mengutamakan keselamatan.

“Selamat berlatih para siswa Dikprovnas dan tetap semangat mengikuti pendidikan ini", tutupnya. (Yayu)