Uganda Targetkan Vaksinasi 10% Populasinya sebelum Sekolah Dimulai

By Nad

nusakini.com - Internasional - Uganda berencana untuk memvaksinasi paling tidak enam juta warganya untuk melawan COVID-19, lebih dari 10% dari populasinya, pada akhir tahun sebelum sekolah dibuka kembali.

Sekitar 4,8 juta warga dikategorkan sebagai prioritas utama, meliputi tenaga kesehatan, guru, siswa berusia 18 tahun ke atas, dan petugas keamanan.

Sektor edukasi akan dibuka kembali pada bulan Januari. Universitas dan sekolah tinggi lainnya telah diizinkan untuk terbuka kembali pada 1 November nanti.

Sejauh ini, 600.000 warga telah mendapatkan vaksinasi lengkap sejak dosis vaksin pertama kali masuk ke Uganda pada bulan Maret. Angka ini hanya merepresentasikan 1% dari total populasi negara tersebut.

Sekolah pertama kali ditutup pada bulan Maret tahun lalu dan dibuka kembali dalam beberapa fase di tahun yang sama. Namun mereka ditutup lagi pada bulan Juni tahun ini ketika gelombang kedua pandemi virus corona melanda Uganda.

Dalam pernyataan di televisi pada hari Rabu (22/9), Presiden Yoweri Museveni mengatakan sekitar 2,2 juta dosis vaksin COVID-19 tersedia untuk saat ini, dan sekitar 10 juta dosis diharapkan akan tiba dalam beberapa bulan mendatang.