nusakini.com-London - Timnas Inggris takluk 0-1 saat menjamu Denmark di Stadion Wembley pada laga UEFA Nations League Liga A Grup 2, Kamis (15/10) dini hari WIB.

Kekalahan ini membuat posisi Inggris melorot ke peringkat ketiga Grup 2 dengan raihan tujuh angka. Sementara, Denmark kini punya poin yang sama dengan Inggris.

Namun, mereka berhak duduk di peringkat kedua karena unggul selisih gol. Kedua negara tertinggal dua angka dari Belgia di puncak klasemen. 

Pada pertandingan ini, Inggris tampil  dominan hingga pertengahan babak pertama. Saat sedang menguasai penuh laga, petaka menghampiri Inggris di menit ke-32. Mereka harus bermain dengan 10 pemain setelah Harry Maguire mendapatkan kartu kuning kedua. Ia melakukan tekel yang begitu keras kepada Kasper Dolberg. 

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan dengan baik oleh Denmark. Pada menit ke-34, tim tamu mendapatkan hadiah penalti setelah Thomas Daleney dilanggar oleh Kyle Walker.

Cristian Eriksen yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Denmark memimpin 1-0. Skor ini bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Di babak kedua, Inggris masih kesulitan mengembangkan permainan karena kalah dalam jumlah pemain. Sulit menembus lini pertahanan Denmark dari open play, Inggris mencoba mengancam dari bola mati. 

Pada menit ke-66, sepak pojok tuan rumah hampir membuahkan gol. Bola kiriman Kalvin Phillips yang disundul Declan Rice berusaha diteruskan oleh Mason Mount. 

Mount melompat menyundul bola di depan gawang Denmark. Menghadapi ancaman ini, Schmeichel tampil gemilang dengan terbang menepis bola. 

Schmeichel kembali menggagalkan peluang Inggris dari bola mati di menit ke-77. Ia kali ini mampu meredam tendangan bebas dari James. 

Upaya Inggris untuk mencetak gol penyama kedudukan tak membuahkan hasil hingga pertandingan berakhir. Mereka harus rela takluk 1-0 di Wembley. (det/ab)