Tiga Pelabuhan Banten Bakal Dimaksimalkan untuk Pangkas Waktu Inap Kontainer

By Admin



nusakini.comJakarta - Guna memangkas waktu bongkar muat peti kemas (dwelling time) di Tanjung Priuk, pemerintah akan mengoptimalkan pemanfaatan tiga pelabuhan di Banten. Ketiga pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Merak Mas, Ciwandan, dan Pelabuhan Cigading.


Deputi II Bidang Surber Daya dan Jasa Kementerian Koodinator Kemaritiman Agung Kuswando mengatakan selama ini beberapa pelabuhan yang terdapat di Banten kurang dimaksimalkan. kami Ingin memberdayakan untuk mendukung pengurangan dwelling time di Priok.


“Selama ini, Merak Mas, Ciwandan, dan Cigading masih digunakan sebagaian pelabuhan curah. Kami telah berkirim surat kepada Kementerian Perhubungan untuk menjadikan ketiga pelabuhan tersebut sebagai penampungan container”, kata Agung di Jakarta, Minggu (20/3/2016).


Menurutnya, Senin depan, pihaknya akan melakukan rapat konsolidasi dan akan mengundang Pelindo II, Bea Cukai, Operator tiga pelabuhan, perusahaan besar di daerah Banten, serta Pemda Banten. “Kami akan lihat berapa kemampuan tiga pelabuhan ini menurunkan dwelling time.”, imbuhnya. 


Rencananya, tiga pelabuhan tersebut bakal terintegrasi dengan Cikarang Dry Port (CDP). Lalu, kereta api jadi transportasi penghubung melalui Pelabuhan Tanjung Priok.(mk)

"