Terima Sepatu Emas, Robert Lewandowski Tak Perlu Buktikan Diri Di Liga Lain

By ommed


nusakini.com - Striker Polandia itu diisukan bisa meninggalkan Bayern Munich musim panas ini, tetapi berkomitmen penuh kepada sang juara Bundesliga. Robert Lewandowski bersikeras bahwa ia "tak perlu membuktikan diri di liga lain" setelah menerima penghargaan Sepatu Emas Eropa 2020/21.

Penggawa timnas Polandia itu didapuk sebagai salah satu striker tertajam di generasinya, dengan naik daun bersama Borussia Dortmund sebelum bergabung dengan Bayern Munich pada 2014.

Level permain Lewandowski bahkan kian meningkat di Allianz Arena, terbukti dari bagaimana kampanye 2020/21 menjadi musim terbaiknya di depan gawang.


Lewandowski mencetak 41 gol dari 29 pertandingan di Bundesliga bagi Bayern musim lalu, padahal sempat absen sebulan karena cedera.

Pria 33 tahun itu menyalip rekor Gerd Muller dalam hal jumlah gol yang dicetak dalam satu musim kasta tertinggi Jerman, serta memenangi Sepatu Emas Eropa pertama dalam kariernya - unggul 11 gol dari Legenda Barcelona, Lionel Messi.


Lewandowski akhirnya menerima penghargaan tersebut, Selasa (21/9) waktu setempat, dan kembali menegaskan komitmennya kepada Bayern setelah melewati musim panas penuh spekulasi.

Ia sempat dikaitkan erat akan ke Liga Primer Inggris, Chelsea sebagai destinasinya, dii tengah saran untuk keluar dari zona nyaman yang dianggap akan menguntungkan baginya.

"Saya tak perlu membuktikan diri di liga lain," ujar Lewandowski. "Saya bisa bersaing dengan tim terbaik dari liga lain lewat Liga Champions."

"Saya 100 persen fokus ke Bayern Munich, tak memikirkan hal selain tim saya."


Bayern dilaporkan melirik Erling Haaland sebagai penerus Lewandowski, namun ia menegaskan masih bisa terus bermain di level tertinggi untuk waktu yang lama.

"Saya masih di sini - dan untuk waktu yang lama!" ujar Lewandowski. "Usia hanyalah angka. Saya merasa sangat baik, dengan statistik terbaik yang pernah saya torehkan. Saya tahu, dengan tubuh saya, saya bisa bermain di level tertinggi sampai bertahun-tahun lagi. Saya bak anggur yang semoga bisa semakin baik." (gi/om)