Taliban Klaim Tidak Tahu Pemimpin al-Qaeda ada di Kabul, Afghanistan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Taliban telah mengklaim bahwa mereka tidak mengetahui pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahiri tinggal di ibukota Afghanistan Kabul di mana AS mengatakan dia tewas dalam serangan pesawat tak berawak selama akhir pekan.

"Imarah Islam Afghanistan tidak memiliki informasi tentang kedatangan Ayman al-Zawahiri dan tinggal di Kabul," kata Taliban dalam sebuah pernyataan Kamis (4/8).

"Kepemimpinan Imarah Islam Afghanistan telah menginstruksikan badan investigasi dan intelijen untuk melakukan penyelidikan yang komprehensif dan serius ke dalam berbagai aspek insiden itu," tambah Taliban.

Presiden AS Joe Biden pada Senin (1/8) mengumumkan bahwa Zawahiri telah terbunuh pada Minggu (31/7) pagi oleh serangan pesawat tak berawak AS di sebuah rumah di Kabul tempat ia tinggal.

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan tokoh senior Taliban dari jaringan Haqqani mengetahui kehadiran pemimpin Al Qaeda di daerah itu dan bahkan mengambil langkah untuk menyembunyikan kehadirannya setelah serangan, membatasi akses ke rumah persembunyian dan dengan cepat merelokasi anggota keluarganya, termasuk putrinya dan anak-anaknya.

Rumah tempat al-Zawahiri bersembunyi berada di daerah Sherpur di Zona Hijau, tempat sebagian besar pejabat dari pemerintah Afghanistan sebelumnya tinggal.

Lingkungan Sherpur pernah menjadi lokasi pangkalan militer lama, tetapi selama tahun-tahun konflik sipil dan pemerintahan Taliban pada 1990-an, tempat itu hampir tidak digunakan.

Pada tahun 2003, kementerian pertahanan Afghanistan meninggalkannya dan pemerintah membaginya menjadi lebih dari 50 plot, memberikannya kepada orang-orang kuat termasuk menteri pemerintah dan pejabat tinggi lainnya, ditambah panglima perang dan raja narkoba. Rumah mereka segera mendapat julukan "istana poppy."

Setelah jatuhnya pemerintahan Ashraf Ghani pada Agustus 2021, mayoritas pemilik rumah Sherpur melarikan diri dari negara itu dan rumah mereka disita oleh Taliban. (cnn/dd)