Pendemo Wanita Dipukuli oleh Taliban saat Unjuk Rasa di Kabul

By Nad

nusakini.com - Internasional - Pejuang Taliban memukuli pengunjuk rasa wanita dan menembak ke udara pada hari Sabtu (13/8) ketika mereka dengan kasar membubarkan unjuk rasa yang jarang terjadi di ibu kota Afghanistan, beberapa hari sebelum ulang tahun pertama kembalinya kelompok Islam garis keras itu ke kekuasaan.

Sejak merebut kendali pada 15 Agustus tahun lalu, Taliban telah menghapus keuntungan marjinal yang dibuat oleh perempuan selama dua dekade intervensi AS di Afghanistan.

Sekitar 40 wanita – meneriakkan “roti, pekerjaan dan kebebasan” – berbaris di depan gedung kementerian pendidikan di Kabul, sebelum para pejuang membubarkan mereka dengan menembakkan senjata mereka ke udara, seorang koresponden AFP melaporkan.

Beberapa pengunjuk rasa perempuan yang berlindung di toko-toko terdekat dikejar dan dipukuli oleh pejuang Taliban dengan popor senapan mereka.

Para pengunjuk rasa membawa spanduk bertuliskan “15 Agustus adalah hari hitam” karena mereka menuntut hak untuk bekerja dan partisipasi politik.

"Keadilan! Keadilan! Kami muak dengan ketidaktahuan,” teriak mereka, banyak yang tidak mengenakan cadar.

“Sayangnya, Taliban dari dinas intelijen datang dan menembak ke udara,” kata Zholia Parsi, salah satu penyelenggara pawai.

“Mereka membubarkan gadis-gadis itu, merobek spanduk kami dan menyita ponsel banyak gadis.”

Namun Munisa Mubariz bersumpah untuk terus memperjuangkan hak-hak perempuan.

“Jika Taliban ingin membungkam suara ini, itu tidak mungkin. Kami akan protes dari rumah kami,” katanya.

Beberapa wartawan yang meliput demonstrasi – unjuk rasa wanita pertama dalam beberapa bulan – juga dipukuli oleh para pejuang Taliban, seorang koresponden AFP melaporkan.

Sementara otoritas Taliban telah mengizinkan dan mempromosikan beberapa aksi unjuk rasa melawan AS, mereka telah menolak izin untuk aksi unjuk rasa wanita mana pun sejak mereka kembali berkuasa.

Setelah merebut kendali tahun lalu, Taliban menjanjikan versi yang lebih lembut dari aturan Islam yang keras yang menandai tugas pertama mereka dalam kekuasaan dari tahun 1996 hingga 2001.

Tetapi banyak pembatasan telah diberlakukan, terutama pada perempuan, untuk mematuhi visi Islam yang keras dari gerakan tersebut.

Puluhan ribu anak perempuan telah dikucilkan dari sekolah menengah, sementara perempuan dilarang kembali ke banyak pekerjaan pemerintah.

Wanita juga dilarang bepergian sendirian dalam perjalanan jauh dan hanya dapat mengunjungi taman umum dan taman di ibu kota pada hari-hari terpisah dari pria.

Pada bulan Mei, pemimpin tertinggi negara dan kepala Taliban, Hibatullah Akhundzada, memerintahkan wanita untuk menutupi diri mereka sepenuhnya di depan umum, termasuk wajah mereka – idealnya dengan burqa.

Sejak larangan sekolah menengah diumumkan pada bulan Maret, banyak sekolah rahasia untuk gadis-gadis ini bermunculan di beberapa provinsi.

PBB dan kelompok hak asasi manusia telah berulang kali mengutuk pemerintah Taliban karena memberlakukan pembatasan pada perempuan.

Kebijakan-kebijakan ini menunjukkan “pola segregasi gender mutlak dan ditujukan untuk membuat perempuan tidak terlihat di masyarakat”, Richard Bennett, pelapor khusus PBB untuk hak asasi manusia di Afghanistan, mengatakan kepada wartawan di Kabul selama kunjungan pada bulan Mei.

Pada hari Kamis (11/8), Human Rights Watch meminta Taliban untuk "membalikkan keputusan mereka yang mengerikan dan misoginis" untuk melarang perempuan mengenyam pendidikan.

“Ini akan mengirim pesan bahwa Taliban bersedia mempertimbangkan kembali tindakan mereka yang paling mengerikan,” Fereshta Abbasi, seorang peneliti Afghanistan di kelompok hak asasi, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Beberapa wanita Afganistan pada awalnya mendorong kembali ke trotoar, mengadakan protes kecil.

Tetapi Taliban segera menangkap para pemimpin kelompok itu, menahan mereka tanpa komunikasi sambil menyangkal bahwa mereka telah ditahan. (theguardian/dd)