Survei DTS Indonesia: Masyarakat Puas dengan Kerja Jokowi dan Elektabilitas Ganjar Tertinggi di Pilpres 2024

By Admin


nusakini.com - Jakarta - DTS Indonesia merilis survei terbarunya terkait persepsi kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf serta peta preferensi kandidat calon presiden di Pilpres 2024. 

Hasilnya, pada survei kinerja pemerintahan, walaupun kerja pemerintahan disibukkan dengan pandemi dan pemulihan ekonomi, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintahan Jokowi masih tinggi yakni 61,8 persen. Bahkan dalam pelayanan publik, rating pemerintah cukup signifikan yakni 74,3 persen. 

Sementara itu, terkait preferensi kandidat capres 2024, ada 3 nama yang secara konsisten memiliki elektabilitas tertinggi. Ganjar Pranowo menempati urutan elektabilitas teratas dengan 31,57 persen. Disusul Prabowo Subianto dengan 28,10 persen dan Anies Baswedan dengan 24,58 persen. 

“Meski ketiga kandidat ini selalu menempati urutan teratas dalam beberapa skenario yang disusun dalam survei ini, dinamika dan perubahan distribusi pemilih masih terjadi. Dengan kata lain, belum ada kandidat yang secara konsisten lebih superior di banding lainnya”, tulis DTS dalam rilisnya, Minggu (14/11). 

Survei DTS Indonesia ini dilakukan pada minggu pertama sampai dengan minggu ke empat Oktober 2021 di 29 provinsi. Responden yang disurvei sebanyak 2.046 dengan margin error 2,17 persen. (*)