SMAN 20 Makassar Rilis Program Satu Guru Satu Bakat, Satu Siswa Berbakat Ribuan Bakat Baru

By Abdi Satria


nusakini.com-Makassar- SMAN 20 Makassar merilis program Program Satu Guru Satu Bakat, Satu Siswa Berbakat Ribuan Bakat Baru yang mengusung misi menggali dan membina talenta siswa di sekolah yang berlokasi di kawasan Barombong ini. Peluncuran program ini dilakukan secara sederhana dengan menjalankan protokol kesehatan pada Senin (6/9/2021).

Ditemui usai peluncuran, kepala sekolah SMAN 20 Makassar, Mirdan Midding menjelaskan program merupakan penajaman dari program Dinas Pendidikan Sulsel yang dicanangkan Prof Muhammad Jufri yakni One School One Product, One School One Innovation. Diharapkan, program ini kian mendongkrak pamor sekolah yang berlokasi di pinggiran kota.

Menurut Mirdan, sebelum dirilis secara resmi, program ini sudah diujicobakan kepada para guru dan siswa. Hasilnya, siswa SMAN 20 berhasil meraih sejumlah penghargaan non akademik seperti menjadi Duta Pelajar, Duta Baca dan Duta Narkoba. Teranyar, Ketua OSIS SMAN 20 Makassar, Aryo Noval Lapatau terpilih mewakili Sulawesi Selatan (Sulsel) pada ajang Pemilihan Putera Belia tingkat nasional di Bandung, Oktober mendatang."Prestasi ini tak hanya membanggakan kami tapi juga warga di sekitar sekolah. Saya berharap, ke depan SMAN 20 menjadi tujuan siswa untuk melanjutkan pendidikannya dari sekolah menengah pertama," ujar Mirdan yang menjadi kepala sekolah SMAN 20 Makassar sejak 2019.

Mirdan menambahkan, saat ini dengan keterbatasan sarana akademik, program pengembangan bakat siswa menjadi alternatif untuk mendongkrak pamor sekolah. Meski begitu, Mirdan mengungkapkan sekolah yang dipimpinnya mampu meluluskan siswanya ke perguruan tinggi negeri baik lewat jalur prestasi, akademik dan mandiri. "Berbagai pencapaian ini membuat SMAN 20 Makassar perlahan tapi pasti tak lagi dianggap sebagai sekolah kaum marginal," tegas Mirdan yang juga pernah menjadi kepala sekolah di SMAN 3 dan SMAN 21 Makassar ini. (rls)