SMA Islam Athirah 1 Makassar Dikunjungi BASAsulsel Wiki

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--MAKASSAR--Tradisi lisan hidup di tengah masyarakat Sulawesi Selatan yang diperkenalkan oleh lingkungan sekitarnya, baik itu keluarga, maupun budaya yang dituturkan dari satu generasi ke generasi lainnya perlu dijaga.

SMA Islam Athirah 1 Makassar dikunjungi oleh tim BASAsulsel Wiki untuk memberikan pelatihan dan sosialisasi penggunaan website BASAsulsel Wiki kepada peserta didik, Rabu (8/2/23).

BASAsulsel Wiki merupakan mitra kerja sama Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dalam programnya melestarikan bahasa daerah di Sulawesi Selatan.

Koordinator Partnership dan Komunikasi BASAsulsel Wiki, Akram Syaukil Arigau mengatakan bahwa kunjungannya di SMA Islam Atihrah 1 Makassar bertujuan mengenalkan BASAsulsel Wiki kepada siswa.

"Tujuan kami ingin mengenalkan BASAsulsel kepada siswa agar dapat meningkatkan partisipasi generasi Z dalam menggunakan bahasa daerah," tutur Akram.

Selain untuk melestarikan Bahasa daerah, BASAsulsel Wiki juga merupakan wadah untuk melatih siswa dalam moderasi antar umat beragama.

“Kami juga berharap dengan adanya BASAsulsel Wiki, adek-adek mampu menggunakan bahasa lokal juga memahami seberapa penting moderasi beragama baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat”, tambah Akram.

Salah satu peserta didik SMA Islam Athirah 1 Makassar merasa antusias mengikuti sosialisasi Wikithon yang disampaikan oleh tim BASAsulsel Wiki.

“Kontennya menarik untuk digunakan karena mengajarkan kita tentang bahasa ibu (bahasa lokal) dan moderasi beragama ditengah keberagaman, serta tersedia juga lomba-lomba yang sangat cocok untuk kami generasi Z”, ungkap Tegar.

Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar, S.Pd., M.Pd, mengapresiasi upaya pemerintah dalam melestarikan bahasa daerah khsusnya di Sulawesi Selatan.

“Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan pergaulan lintas wilayah menyebabkan terkikisnya bahasa dan tradisi lokal, sehingga sangat tepat jika pemerintah membuat program melestarikan bahasa daerah seperti ini dan tetap memanfaatkan teknologi dalam penggunaannya”, ungkap Tawakkal.

Diakhir pertemuan tim BASAsulsel membagikan akun Wikithon kepada siswa dan menyampaikan beberapa informasi lomba esai yang diikuti oleh siswa SMA atau sederajat se-Sulawesi Selatan. Lomba tersebut akan digelar hingga tanggal 18 Februari 2023 dan pemenang akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah.(rilis/rajendra)